Hai hai hai….. ketemu lagi nih cieeeee, apa kabar Readers? masih semangat???? pastinya masih kan? oke hari ini saya akan share beberapa fakta unik tentang “Katana” kalau kita membahas tentang Jepang pastinya ga bisa lepas dari benda yang satu ini  kalian pasti tau Katana itu senjata yang dipakai seorang Samurai pada jaman dahulu,  oke langsung saja kita bahas mengenai Fakta-fakta unik seputar senjata legendaris satu ini.

Kita sering menganggap samurai adalah pedang dari Jepang yang memiliki kemampuan membunuh tinggi. Namun sebenarnya samurai adalah nama pekerjaan dari seseorang dengan senjata pedang. Nah, pedang dari samurai inilah yang dinamakan “Katana”, atau sering disebut dengan soul of the samurai. Karena jiwanya seorang samurai ada pada katana yang ia pegang dan gunakan untuk menebas.

Katana  adalah pedang panjang Jepang  walaupun di Jepang sendiri ini merujuk pada semua jenis pedang. Katana adalah kunyomi (sebutan Jepang) dari bentuk kanji 刀; sedangkan onyomi (sebutan Hanzi) karakter kanji tersebut adalah tō. Ia merujuk kepada pedang satu mata, melengkung yang khusus yang secara tradisi digunakan oleh samurai Jepang.

Katana biasanya dipasangkan dengan wakizashi atau shōtō, bentuknya mirip tapi dibuat lebih pendek, keduanya dipakai oleh anggota kelas ksatria. Kedua senjata dipakai bersama-sama disebut daishō, dan mewakili kekuatan sosial dan kehormatan pribadi samurai. Pedang panjang dipakai untuk pertempuran terbuka, sementara yang lebih pendek dipakai sebagai senjata sampingan (side arm), lebih cocok untuk menikam, pertempuran jarak dekat, dan seppuku (suatu bentuk ritual bunuh diri).

Katana zaman sekarang
Katana zaman sekarang

Katana terutama digunakan untuk memotong,dan diutamakan dipakai dengan dua pegangan tangan. Berbeda dengan kebanyakan pedang dari negara manapun, Katana memiliki cara peletakan yang berbeda pada pinggul pemakainya, tidak seperti pedang lain yang menyandang pedang dengan mata pedang mengarah ke bawah, katana justru sebaliknya, mata pedangnya mengarah ke atas, ini dimaksud untuk mempermudah seorang samurai dalam melakukan aktivitasnya, termasuk sumpah darah, cukup dengan menarik sedikit saja gagang pedang dan menggoreskan ibu jari pada mata pedang. Sementara seni praktis penggunaan pedang untuk tujuannya semula telah usang, kenjutsu dan laijutsu beralih menjadi seni beladiri modern.

kenjutsu
kenjutsu
Katana adalah sebuah seni. Tidak bisa dibuat oleh siapa saja. Biasanya seni pembuatan katana diturunkan dari satu generasi ke generasi lain. Jika tidak ada generasi yang bisa membuatnya maka bisa dipastikan seni pembuatan pedang ini akan segera habis. Bahkan punah dan katana hanya ada dalam sejarah saja.
Saat ini pemerintah Jepang sedang berusaha membangkitkan seni ini. Karena katana adalah warisan budaya yang sangat hebat. Jika sampai habis maka Jepang akan kehilangan satu hal yang berharga. Seni pembuatan katana bukanlah seni yang bisa dipelajari dalam hitungan tahun. Bahkan butuh puluhan tahun. Seorang pembuat katana biasanya hanya mampu membuat senjata ini maksimal 2-3 pedang panjang sebulan. Bisa dibayangkan betapa seni ini benar-benar kelas tinggi?
Proses Pembuatan Katana
Zaman Dahulu Mayat Digunakan Untuk Tes Kehebatan Katana
Saat periode Edo menguasai Jepang. Katana yang telah dibuat biasanya diujikan pada mayat. Dengan begitu kemampuan tebasan katana dapat terlihat dengan jelas. Samurai akan melakukannya pada mayat dari musuh. Setelah lulus uji baru kata bisa digunakan untuk samurai dalam membela tuannya.
Praktik ini lambat laun ditinggalkan karena dianggap tidak beradab. Akhirnya katana hanya diujikan pada pohon atau benda lainnya. Kemampuan dari katana memang hanya bisa dilihat jika digunakan untuk menebas objek. Jika hanya dilihat maka tidak akan terlihat apakah pedang ini kuat dan tajam.
So demikian lah hal-hal mengenai senjata mematikan yang satu ini, gimana berminat punya sebilah Katana? dan jangan salah sebut senjata ini adalah Samurai ya, yang betul adalah “Katana”.
Sampai jumpa ditopik selanjutnya ya..!!!!