Siapa sih yang nggak kenal sama Vocaloid? Project ini pertama kali dilambungkan oleh Hatsune Miku berambut hijau tosca meski bukan yang debut pertama. Lalu menyusul kemudian berbagai macam karakter dan negara terbentuk setelahnya. Vocaloid sendiri sebenarnya adalah sebuah software pengubah suara yang dirilis dengan banyak jenis dan memiliki karakter berbeda tiap softwarenya. Nah dibalik kepopuleranya, ternyata tersimpan banyak fakta menarik vocaloid.

Berikut ini mimin temukan 28 fakta menarik vocaloid wajib diketahui oleh akiba-chan dan akiba-kei yang ngaku fans berat mereka:

Fakta #1

Platinum the Trinity dari Blazblue memiliki skema warna berdasarkan Hatsune Miku

Fakta #2

Megurine Luka sebenarnya berniat untuk di launching sebelum Miku, namun terjadi komplikasi dengan pengisi suaranya sehingga menundanya hingga 2009. Fakta menarik vocaloid ini kadang tidak banyak yang tahu.

Fakta #3

Kaito adalah Vocaloid pertama yang diumumkan.

Fakta #4

Skema warna alternatif untuk Reisen in the Touhou fighting games didasarkan pada Vocaloids.

Fakta #5

Sweet Ann menyanyikan “Helvetica Standard” di anime Nichijou.

Baca Juga: Lagu Hatsune Miku Torinoko City Menginspirasi Film Vocaloid Baru

Fakta #6

Sweet Ann menyanyikan pembukaan Project Diva Arcade

Fakta #7

Kamui Gakupo  dilaunching dengan poster gratis.

Fakta #8

Hatsune Miku membuat konser di Zoku Sayonara Zetsubou Sensei, dan dengan berbagai tatanan panggung versi Kaito, Meiko, kemudian Rin dan Len muncul sebagai background.

 

Masih kuat baca? yuk lanjut ke fakta menarik vocaloid berikutnya 😀

Fakta #9

Kentaro Miura, penulis Berserk, adalah seorang fanatik Vocaloid yang hebat dan menawarkan untuk menggambar Gakupo box art secara gratis.

Fakta #10

Kaito tidak memiliki usia resmi.

Fakta #11

Lelele-p, produser Ikelenka, masih di bangku SMA saat ia mulai berproduksi.

Fakta #12

Hatsune Miku memiliki titik-titik biru kecil di lututnya. Ini adalah detail yang sering dilupakan oleh seniman penggemar (kebanyakan menganggap itu hanya shading), namun model 3d resmi dari miku tetap membuat detail ini.

Fakta #13

Oliver awalnya akan diberi nama “Cody”.

Fakta #14

Skema warna Hatsune Miku didasarkan pada synthesizer Yamaha klasik, yang juga digunakan sebagai skema warna untuk editor Vocaloid 2 dan Vocaloid 3.

Fakta #15

Kaai Yuki memiliki penyedia suara termuda. Oliver kedua, dan SeeU adalah yang ketiga termuda.

Fakta #16

KEI, perancang Luka, membuatnya desain asimetris karena dia dwibahasa.

Fakta #17

Megurine Luka bisa didengar dalam lagu “Arisen Anew” dari album Homestuck “Alternia Bound”

 

Mulai nomor ini akan memuat fakta menarik vocaloid dengan penjelasan cukup panjang. Jadi, baca baik-baik ya….

Fakta #18

Disuarakan oleh aktris Saki Fujita, Hatsune Miku adalah Vocaloid paling populer sampai saat ini. Crypton mengambil suara Fujita dan menjalankannya melalui perangkat lunak Vocaloid 2 untuk menciptakan suara Miku yang unik. Miku sering diperlakukan sebagai orang yang nyata oleh penggemar, terutama pria yang benar-benar menyukainya seolah-olah dia adalah manusia yang terdiri dari daging dan darah.

fakta menarik vocaloid

Fakta #19

Vocaloid menggunakan teknologi dvd-rom – Yamaha dan Crypton memproduksi tiga perangkat lunak DVD masing-masing berisi program Vocaloid 2 dan 3. DVD ini memungkinkan Anda untuk memanipulasi suaranya dan membuatnya “bernyanyi”. Voice banknya dikenal dengan nama Hatsune Miku, Miku English, Dark Append, Light Append, Soft Append, Sweet Append, Approve dan Append Append, meskipun sebagian besar lagunya berasal dari Hatsune bank dan Inggris bank.

Fakta #20

Ada 69 karakter vocaloid saat ini. Sebagian besar suara adalah perempuan, Vocaloid telah menghasilkan suara yang ada untuk hampir setiap kelompok usia, setiap gender – transgender termasuk pria dan wanita – dan tersedia dalam bahasa Inggris, Jepang, Spanyol, Korea dan Bahasa cina. Terimakasih Yahama karena telah menciptakan perangkat lunak dan perusahaan yang mudah diakses Crypton, Studio DEEN dan AHS Software untuk mempekerjakan para actor dan aktris pengisi suara untuk memberikan sampel suara untuk Vocaloids.

Fakta #21

Miku adalah Vocaloid pertama yang muncul di talk show utama A.S. ketika tanggal 7 Oktober 2014, dia dipesan sebagai bintang tamu di The Late Show bersama David Letterman. Vocaloid sebenarnya cukup populer dengan selebriti; Lady Gaga tampil bersama dengan Miku dan yang lainnya, seperti penyanyi GACKT dan Miriam Stockley, telah memberikan suara mereka pada Vocaloid. Tidak dapat dipungkiri bahwa selebriti Hollywood akan mulai merangkul ini.

Fakta #22

Sega memproduksi konsep konser vocaloid dengan menggunakan komputer canggih di sepanjang 1863 ilustrasi yang dikenal sebagai “Pepper’s Ghost,” model animasi Miku yang kemudian diproyeksikan ke layar, hal ini memberi penonton nuansa hologram hidup. Membuat penonton masuk ke dalam aksinya, menciptakan pengalaman berharga dan tak terlupakan dengan freeware bernama MikuMikuDance, yang juga banyak digunakan dalam acara anime hit.

Fakta #23

Teknik Vocaloid sangat berguna bagi promotor konser, menggunakan teknologi untuk mengembalikan nuansa ramai penonton seperti 2Pac, Michael Jackson dan Elvis Presley. Perangkat lunak Vocaloid bahkan telah menghasilkan penyanyi anumerta atas upeti almarhum penyanyi Hitoshi Ueki, meski sejauh ini hanya keluarganya yang memiliki penggunaan Ueki-loid eksklusif.

Fakta #24

Teknik Vocaloid sangat berguna bagi promotor konser, menggunakan teknologi untuk mengembalikan penghibur mati seperti 2Pac, Michael Jackson dan Elvis Presley. Perangkat lunak Vocaloid bahkan telah menghasilkan penyanyi anumerta atas upeti almarhum penyanyi Hitoshi Ueki, meski sejauh ini hanya keluarganya yang memiliki penggunaan Ueki-loid eksklusif. Bayangkan, reuni Beatles itu mungkin terjadi!

Fakta #25

Vocaloid hampir menarik semua hati orang. Pembeli tiket konser rata-rata di Jepang adalah pria berusia 18-42 tahun mengingat statistik penyewaan toko video di tahun 1990an menyatakan bahwa video anime sebagian besar disewa oleh laki-laki. Bahkan Siskel dan Ebert masuk ke anime saat itu juga. Hatsune Miku bahkan berhasil menjual Hammerstein Ballroom di New York untuk konser yang sebagian besar diisi dengan pria.

Fakta #26

Vocaloid adalah instrument. Perangkat lunak Vocaloid sebenarnya adalah sejenis synthesizer. Lagu diekspor ke komputer Anda dalam file WAV atau MIDI. MIDI memberi nyanyian piano sintetis. Dengan sedikit usaha mengedit, Anda bisa membuat Vocaloid Anda bernyanyi Pop, Metal, Rock, Techno atau hampir semua genre di antaranya. Bayangkan saja apa yang bisa dilakukan beberapa bintang rock petualang dengan teknologi ini jika ada di tahun 60an dan 70an.

Fakta #27

TIga tipe vocaloid yang rilis pertama, LEON, LOLA dan Miriam, hanya terjual sedikit di Jepang dan Amerika Serikat. Kemudian, dua Vocaloid 1 dikeluarkan dengan karya seni yang terinspirasi oleh anime yang sangat populer saat itu. Yang terjadi, minat konsumen semakin melonjak di antara penggemar anime dan produser musik, yang mengarah ke ledakan penggemar saat ini, kemudian dipopulerkan oleh Vocaloid 2 bernama Hatsune Miku. Langsung saja tunjukkan pada Anda bahwa kesuksesan terbesar seringkali terjadi karena kecelakaan.

Fakta #28

Vocaloid 1 memulai debutnya sebagai “Codename Elvis” pada tahun 2000; tiga tahun kemudian ia diberi judul “Codename Daisy” sebelum masalah hak cipta memaksa perubahan pada Vocaloid. Vocaloids pertama, LOLA dan LEON, didasarkan pada penyanyi kulit hitam, meski digambar ulang sebagai orang kulit putih berambut pirang dan bermata hijau. Hasil karya itu terdiri dari sepasang bibir, satu laki-laki, satu perempuan.

Ada tambahan? Silahkan ditambahkan dalam kolom komentar supaya lebih banyak pembaca yang tahu. Khusus nya yang baru mulai suka sama Vocaloid. 😀

Comments