Halo pembaca setia Akibanation.com!, ketemu lagi bersama saya si pembawa sejuta informasi yang ada di Jepang, kali ini saya akan share beberapa fakta menarik tentang Sake nih!. Siapa yang ga tau minuman yang satu ini, yuk langsung aja kita simak di bawah!.

adalah sebuah minuman beralkohol dari Jepang yang berasal dari hasil fermentasi beras. Sering juga disebut dengan istilah anggur beras.
Penjabaran tertulis tentang proses pembuatan sake tercantum dalam buku pertama sekitar tahun 700 setelah Masehi.
Di Jepang, kata “sake” berarti “minuman beralkohol”. Di beberapa wilayah regional dapat memiliki arti yang lain. Di Kyushu Selatan, sake berarti minuman yang disuling. Di Okinawa, sake merujuk ke shōchu yang terbuat dari tebu. Sake memiliki aroma yang mirip dengan tape beras.
05241014_519ebee503436Musim terbaik untuk membuat sake adalah musim dingin. Cuaca yang dingin dan air yang segar dapat membuat rasa dari sake lebih berkualitas. Berikut beberapa fakta menarik tentang sake :

Sake dan Budaya Jepang
Sejak zaman dahulu, orang-orang telah membuat alkohol dan menikmatinya sebagai bagian dari budaya mereka. Dalam banyak bagian di dunia, alkohol mendapatkan tempat sebagai sesuatu yang dihargai dan telah diromantisasi menjadi sesuatu yang ideal. Orang-orang Jepang pastinya tidak terkecuali. Berabad-abad yang lalu, mereka mulai mencampurkan makanan utama mereka, beras, dengan air murni dan mikroorganisme koji untuk membuat Nihon-shu (Sake jepang), dengan mahir memanfaatkan kondisi alam dan lingkungan setempat untuk menciptakan sebuah minuman yang unik.

Lautan memisahkan kepulauan Jepang dari benua Asia, dan hal ini terbukti menguntungkan untuk pembuatan sake karena orang-orang di Negeri Matahari Terbit, yang terletak di sebelah timur dari sebagian besar benua Asia Timur, mengembangkan minuman spesial mereka sendiri. Pemisahannya secara geografis dilengkapi juga dengan pengasingan politik, ekonomi dan budaya selama berabad-abad, sampai modernisasi dimulai sekitar pertengahan tahun 1800-an. Sake adalah minuman beralkohol yang didesain untuk selera orang Jepang oleh para ahli yang bebas dari pengaruhnya budaya lainnya

Sake-4

  • Sake disimpan dalam beberapa tong yang berbeda ukurannya. Perbedaan tong ini disesuaikan dengan ukuran dari bangunan pabrik sake itu sendiri. Untuk sake, khususnya edisi terbatas yang berkualitas super dengan harga yang cukup mahal biasanya memiliki tong sebesar 50 liter, namun untuk sake yang biasa ukuran tongnya dapat mencapai 54.000 liter.
  • Tidak seperti wine, sake tidak disimpan bertahun-tahun, sebaliknya, sake lebih enak diminum saat baru di produksi.
  • Sake cukup banyak digunakan sebagai bumbu pelengkap dalam makanan-makanan Jepang, khususnya Nabe atau masakan yang direbus.
  • Sake terbuat dari 40% beras yang telah dikupas. Sementara 60% sisanya digunakan untuk membuat manju sake (semacam kue). Kamu tenang saja, meskipun namanya sake manju, tetapi tidak mengandung alkohol sama sekali.
  • Di Jepang, sake terkenal akan khasiatnya bagi kesehatan. Berbeda dengan wine, sake bebas dari gula dan zat pengawet lainnya.
  • Kualitas dari kebeningan sake hanya dapat dilihat dengan cangkir yang memiliki tanda berwarna pada dasarnya. Biasanya ada lingkaran berwarna biru pada dasar cangkir/gelas. Dengan adanya warna tersebut, kamu dapat melihat tingkat kebeningan sake.
  • Pabriknya sendiri tepat persis di kaki gunung, sehingga air yang digunakan benar-benar bersih dan segar langsung diambil dari sumur vertikal yang dibuat di kaki gunung tersebut.Sake juga diproduksi di negara China dan Korea, tetapi hasil akhirnya sering berbeda. Perbedaan utamanya adalah pada pemanfaatan jenis kapang (koji) yang digunakan untuk memecahkan pati

    Koji Jepang terdiri dari kapang yang ditumbuhkan pada beras yang telah dikukus atau pada tepung terigu]. Bila digunakan terigu, biasanya tidak dilakukan proses pengukusan. Pada koji China, kapang yang ditumbuhkan adalah phycomycetes, sedangkan kapang yang digunakan pada pembuatan koji Jepang adalah Ascomycetes, seperti Aspergillus oryzae, Aspergillus awamori, Aspergillus sojae