Tsubasa Cosplayer (TBS) adalah seorang cosplayer yang berasal dari Hongkong. Ia sudah mulai terjun dalam dunia cosplay sejak tahun 2004. Sudah tidak terhitung karakter-karakter yang ia cosplay-kan, mulai dari Kira Yamato (Gundam Seed), Kirito (SAO), Souma (Shokugeki no Souma), hingga yang terbaru ini salah satu karakter fenomenal di tahun 2015, yaitu Mikaera (Owari no Seraph). Tidak hanya Cosplay, namun Crossplay pun pernah ia gandrungi dan ia terlihat sangat cantik ketika ia men-crossplaykan karakter wanita. Tidak heran, para fans selalu luluh saat melihat karakter favorit mereka dicosplaykan oleh Tsubasa Cosplayer.

Source : TBS Facebook Page & Worldcosplay
Source : TBS Facebook Page & Worldcosplay

Pada event Seraph no Café : Owari no Mugen Tabemasu yang lalu, tim Akiba berkesempatan untuk berbincang dengan salah satu Cosplayer tersohor di Asia ini. Penasaran seperti apa? Yuk cek ulasannya di bawah ini.

21-2

Q : Hallo Tsubasa, seperti yang kita tahu, kamu sudah mulai menjadi cosplayer sejak tahun 2004 dan sudah begitu banyak karakter yang kamu cosplay-kan, sejauh ini karakter apa yang menjadi favorit untuk kamu cosplay-kan?

A : Saya menyukai semua karakter yang saya cosplay-kan, tapi untuk tahun ini mungkin karakter-karakter pada Owari no Seraph. Saya menyukai anime tersebut karena di dalamnya terdapat dua heroine, yaitu Yuu dan Mika yang menjadi favorit karakter saya di tahun ini.

11883868_965347890173810_4721429003879878503_o

Q : Sejauh ini menurut kamu bagian apa sih yang paling sulit pada saat membuat kostum?

A : Terkadang ada beberapa karakter yang membutuhkan armor atau aksesoris metal yang berat yang membuat saya harus meminta tolong kepada teman untuk membantu saya membuatnya, karena saya tidak terlalu bisa membuatnya. Kadang Luffy membantu saya untuk mencari beberapa cosplay shop untuk melengkapi item-item pada kostum.

Q : Kamu tidak hanya cosplay, namun juga crossplaying menjadi beberapa karakter wanita pada anime, bahkan hingga sekarang masih ada beberapa orang yang masih bingung dengan gender kamu, apakah laki-laki atau perempuan. Bagaimana pendapatmu mengenai hal tersebut?

A : Saya senang, karena saya bisa mengcosplay-kan karakter tersebut, apalagi jika orang melihatnya bagus dan melihat saya sebagai seorang wanita, berarti saya sudah bisa menguasai cosplay untuk karakter wanita tersebut, walaupun ada orang lain yang masih tetap mengatakan “oh kamu masih terlihat seperti laki-laki”, saya tetap senang.

Q : Terakhir, apa sih tipsnya untuk bisa cosplay sekeren kamu?

A : Cosplay mempunyai 2 hal yang sangat penting, pertama adalah wig yang kamu pakai dan make up kamu. Untuk bisa mengcosplay-kan sebiah karakter, kamu perlu memperhatikan make up dasar dan make up mata, selain itu penataan wig mulai dari pemotongannya juga sangat penting diperhatikan dibandingkan kostum kamu, karena saat orang melihat foto cosplay kamu yang diperhatikan paling pertama adalah wajah kamu bukan kostum kamu.

Sebelum mengakhiri perbincangan dengan Tsuabasa Cosplayer, Akiba Nation mengajak Tsubasa untuk melakukan sebuah permainan dengan memilih salah satu pernyataan dari dua pilihan yang diberi Akiba dan inilah hasilnya :

TSUBASA

Wow sepertinya Tsubasa benar-benar menyukai karakter Mika ya. Tak lupa Tsubasa juga memberikan pesan dan kesan kepada teman-teman di Indonesia. Semoga di tahun depan ia dapat kembali ke sini bertemu dengan kalian~