Siapa gitu yang kemarin pergi ke SUmmarecon di Mall Bekasi? pasti lihat penampilan band yang sering cover lagu-lagu Laruku ini dong. yaitu tak lain dan tak bukan Obake Band. Akiba Nation kali ini mewawancarai mereka yang emang udah eksis 11 tahunan ini. Band ini terdiri dari 5 orang berbakat yang super gokil dan hangat yaitu Wibi sebagai Vokalis, Omar sebagai Gitaris, Carlos sebagai Drummer, Vito sebagai Keyboard, dan Amal sebagai Bassis yang sementara digantikan Aryo karena sedang berhalangan.

Berikut ini wawancara yang kami lakukan pada hari minggu 29 November 2015 :

Q             : Hallo selamat malam Obake Band

Obake     :Hello selamat malam Akiba Nation

Q             : Bagaimana terbentuknya Obake?

Obake   : kita dulu teman sekolah yang suka main bareng, nonton bareng, curhat bareng, suka musik dan lagi suntuk karena UAN, dan akhirnya terbentuklah Obake Band.

Q             : Kenapa diberi nama Obake yang dalam artian jepang itu Hantu?

Obake   : kita membuat list nama, dan awalnya kita ingin memakai nama Bakemono (Monster), tapi kasian sama MC kalo mau manggil nama kita karena kepanjangan. So, kita ambil nama Obake yang artinya hantu/setan karena dia itu strata terbawah dari golongan setan tidak seperti Akuma (Iblis). Dalam filosofi islam, setan terkenal dengan janjinyanya untuk tidak pantang menyerah dan gigih dalam menggoda manusia. Obake mengambil filososfi dari Pantang menyerah, dengan doa agar Obake ini adalah sebuah band yang tidak pantang menyerah.

Q             : Kenapa cover lagu Laruku?

Obake   : semua berawal dari anime Fullmetal Alchemist dimana Laruku membawakan salah satu Ost dari anime itu, dan akhirnya kita mulai mengenal lebih jauh tentang mereka.

Q             : Selama 10 tahun karir obake, sudah panggung dimana saja?

Obake   : Kita biasanya manggung di sekitar Jabodetabek dan pernah juga ke Bandung, Malang,dll.

Q             : Apa profesi lain yang dilakukan oleh masisng-masing member Obake?

Obake   : mulai dari tahun ke 8, wibi, Carlos, dan Omar kerja di kantor, sementara Vito dan Amal tetap kerja di dunia permusikan.

Q             : Apakah pernah terjadi konflik internal didalam band?

Obake   : kita sering terjadi konflik di dalam grup chat, tapi semua permasalahan dalam grup tersebut selesai dengan sendirinya ketika kita bertemu face to face.

Q             : Pernah cover lagu lain selain lagu-lagu dari Laruku?

Obake   : Dulu pernah sekali ketika band Gazzete sedang booming diantara para pecinta Jepang, tapi setelah itu kita selalu cover lagu Laruku.

Q             : Setelah mengeluarkan album Tree, apakah Obake ingin mengeluarkan album kedua?

Obake   : sebenarnya kita sudah membuat 5 album (didalam kepala) tapi album yang direalisasikan hanya Tree saja.

Q             : Apa terget kedepan utuk Obake Band?

Obake   : untuk sekarang kita masih belum memiliki rencana kedepan, tapi yang pasti kita akan mencoba untuk selalu lebih baik dan bisa terus menghibur orang banyak.

Q             : Apa yang disuka dari jepang?

Obake   : kalau kita lebih suka ke musik jepangnya, karena musik jepang itu sangat khas, kreatif, dan berkarakter sehingga langsung bisa dikenali.

Q             : Anime Favorit setiap member?

Vito : Tidak terlalu suka anime

Wibi : Samurai X

Omar : One Piece (Alm. Ace), Fullmetal Alchemist, Eyeshield, dan Tokyo Ghoul.

Carlos : One Piece

Aryo : One Piece (Chopper)

Q             : Apa pengalaman tak terlupakan selama perform?

Obake   : dulu pernah ketika manggung di daerah Bekasi, wakti itu hujan deras, dan para penonton tetap antusias, tidak meninggalkan panggung, kejadian tersebut membuat saya terharu. Lalu waktu acara jepang di salah satu kampus di Jakarta November lalu, ketika kita ingin menyanyikan lagu Obake-Bangkit, semua penonton sudah menyanyikan lagu itu sebelum kita.

Dan pengalaman yang paling tak terlupakan yaitu ketika kita sedang perform di sebuah daerah, kebetulan panggung yang dipakai itu adalah panggung sulap yang terdapat lubang tersembunyi. Saat kita sedang asyik memainkan lagu sambil loncat-loncatan, tiba-tiba Omar terperosok kedalam lubang. Dan karena profesionalitas, tidak ada dari kita yang menolong Omar saat itu. Wkwkwkwk…

IMG-20151129-WA0007

Waahh… pengalaman yang bener-bener gak bisa dilupakan ya, begitulah sedikit bincang-bincang mimin bersama Obake Band. Buat kalian yang ingin mengenal lebih jauh tentang Band ini, bisa kepo-in akun Facebook  Obake dan Twitter @Obakeband