Evolusi Nintendo dari Zaman ke Zaman ~ part 1

Evolusi adalah salah satu tahap krusial dalam kehidupan. Sesuatu harus terus – menerus berevolusi agar tetap eksis  dan bertahan. Pepatah yang ditulis sama orang iseng di facebook mengatakan, “seseorang yang bisa menggengam lesatan zaman adalah seseorang yang abadi.” Kebetulan juga orang iseng itu adalah saya, he…he..he. Oh iya, ngobrol – ngobrol soal evolusi, konsol game juga nggak langsung jebret aduhai canggihnya lho. Sebut saja mawar, eh Nintendo. Perusahaan penyedia konsol game kawakan asal negara seribu mangaka ini benar – benar mengalami tahap – tahap perubahan yang patut di acungin dua jempol tangan plus dua jempol kaki. Yosh….!! Ini dia!

Perusahaan Nintendo awalnya memproduksi playing cards (kalo di sini sih kita kenal dengan nama ‘remi’). Kartu mereka dikenal dengan nama hanafuda (bunga) cards. Nggak pernah kebayangkan kalo perusahaan ini awalnya cuma memproduksi kumpulan kertas seri bergambar? Meskipun begitu, visi utama dari Nintendo sudah terbangun pada produknya, yakni memusnahkan, eh,  menghibur umat manusia. Papa bangga sama kamu!

nintendo cards collections

 

Era Color TV Game

Tahun 1977 menjadi tahun bersejarah bagi Nintendo karena mereka merilis perangkat game elektronik pertama mereka. Berkerja sama dengan Mitsubishi Elektronik, lahirlah color TV game 6. Hal yang  unik sekaligus mengganjal dari konsol ini adalah kontrolernya yang hanya merupakan sepasang knob, menjadi satu dengan bodi konsol ini sendiri. Produk ini langsung disambut hangat dengan angka penjualan 350.000+ units.

 

color tv game 6

 

 

Setahun berselang, sang saudara lahir, color TV game 15. Sebagai konsol dengan kumpulan game di dalamnya (built in games), perbedaan keduanya disecara simbolis tercantum pada angka mereka: 6 untuk 6 bulit in games dan 15 untuk 15 built in games. Selain itu kemajuan berarti terletak pada detachable controller. Lain kata, knob yang awalnya cuma nongkrong jadi satu sama bodi konsol  dapat ditarik – ulur karena tercatut dengan kabel.  Tak salah kalo versi revisi sebelumnya ini laku dua kali lipat dari kakaknya: 700.000+ units.

color tv game 15

 

 

Di tahun yang sama dengan hadirnya color TV game 15, Nintendo ternyata juga repot membidani konsol lainnya, color TV game racing 112. Terilhami dari balik kemudi mobil, konsol yang satu ini mejeng dengan setir lengkap bersama gearstick atau koplingnya. Asik kan? Makanya, mending kalo punya anak masih kecil, kasih yang beginian aja, daripada dikasih mobil trus nabrak di tol. He…he..he… Nggak ngabisin uang bensin lagi. Seri ketiga dari color TV game ini pun lebih seru karena juga menyediakan sepasang kontroler layaknya color TV game 15 namun dapat di lepas – pasang. Biarpun lebih kaya fitur, akan tetapi penjualan di angka +/- 160.000 units membuat perangkat ini tidak lebih superior dari dua pendahulunya.

 

color tv game racing 112

 

Seakan – akan tidak kapok dengan penjualan yang merangkak turun, Nintendo merealisasikan upaya ke-empat pada konsol terbaru, color TV game block breaker di tahun 1979. Sekilas penampakannya seperti seonggok kaset. Seperti namanya, game yang dicatutkan ke dalam mesin game ini hanyalah block breaker, namun dalam 6 varian berbeda. Prestasi  seri ke-empat ini cukup menghibur dengan kisaran penjualan 400.000 units. Fitur yang dimiliki oleh block breaker series ini boleh dibilang langkah kebelakang.  Soalnya, multiplayer play ditiadakan seiring dengan hadirnya single knob pada kontroler yang menyatu dengan bodi konsol. Di sisi lain, tersedianya arcade game (jenis game pada mesin game koin) yang  tidak pernah dimilki generasi sebelumnya menjadi satu – satunya nilai plus.

block breaker
color tv game block breaker ~ its size matches DJ tools
block breaker game

 

 Seperti sudah rutinitas, Nintendo merilis computer tv game. Menunjukkan diri di tahun 1980, konsol berwarna dasar putih ini pede dengan tampilan lebih besar. Kontrolernya tidak lagi berupa knob putar, tapi telah menjelma menjadi  lima tombol berwarna biru dan jingga muda. Bagian tengahnya pin dihiasi berbagai tombol, yang salah satunya adalah sederet tombol pemilih level. Game yang bisa dimainkan adalah othello. Harga saat perilisannya sebesar 48.000 yen. Dengan uang yang diharuskan untuk menebus computer tv game, kamu bisa membawa pulang empat seri color tv game, dengan catatan pada masanya lho. Kalau sekarang  sih sudah melambung sampai 240.000 yen lebih persat

 

tv game computer
computer tv game
level buttons~ A to D
othello
othello

 

 

 Source: nanzo, nicovideo

Lanjut: Evolusi Nintendo part 2