Evolusi Gashapon untuk kalangan umum

Tidak hanya untuk bocah, Gashapon pun berevolusi dengan desain baru.

Awalnya Gashapon digambarkan seolah hanya sebagai mainan bagi anak-anak yang hobi bermain dengan serentetan item kecil berupa karakter dari anime, game dan komik favorit mereka. Ada pula sekelompok orang dewasa yang menobatkan dirinya sebagai kolektor Gashapon yang identik dengan mati-matian mengejar karakter langka. Tetapi sekarang ini Gashapon tak hanya milik anak-anak ataupun kolektor saja, baik tua maupun muda dapat memilikinya, tak terkecuali para pekerja kantoran.

Gashapon dijual dalam kapsul plastik kecil yang dapat anda beli pada mesin penjual otomatis khusus. Biasanya dapat ditemui pada deretan toko terutama toko-toko elektronik. Dunia Gashapon, seperti halnya produk mainan lainnya, telah berevolusi dari berbagai segi.

Dua buah seri dari Kitan Club, “Dogeza Straps dan Fuchiko on Cups” telah populer di kalangan pekerja kantor. Dogeza Straps menunjukkan semangat kerja keras salarymen dalam pose bersujud memohon yang disebut Dogeza’ (perhatikan pula raut wajahnya).

dogeza_straps

Sedangkan Fuchiko yang berseragam khas kantoran diminati oleh banyak pekerja perempuan, terutama mereka yang bekerja sebagai resepsionis dan sekretaris di perusahaan-perusahaan besar. Kitan Club telah merilis beberapa versi berbeda dari Fuchiko, tapi ini adalah seri pertama mereka. Ada kesan khas moe pada Fuchiko. Coba lihat, benar kan?

fuchiko_on_cups1

fuchiko_on_cups2

Lalu selanjutnya, “Smartpants Bandai mungkin akan menjadi hal paling nyentrik untuk ponsel anda, tentu tak ada salahnya kan memiliki satu atau dua set pakaian dalam untuk ponsel anda? Haha

Pada musim panas kemarin Bandai juga merilis versi baru bernama Mt.Fuji. Kolaborasi manis  Smartpants yang serupa dengan puncak gunung tertinggi di jepang itu.

smartpants1

smartpants2

Satu lagi produk jebolan Bandai yang  tak bisa dilewatkan. Gantungan kunci yang memungkinkan anda dapat mengupil di depan umum. Judul nya mungkin terlalu biasa tapi bagus untuk segi pemasaran: Hojirerundesu atau “kau dapat memilih hidung ini.”

bandai_pick_nose_key_chain

Takara Tomy baru-baru juga ini telah meluncurkan seri nya sendiri yang disebut Panda no ana. Sampai saat ini mereka telah merilis dua seri yakni “Same-furai” atau hiu goreng dan ZooZooZoo.

fried_sharks

zoozoozoo_animals_takara_tomy

Perlu diingat. Nilai utama dari mainan ini bukan terletak pada seberapa dia bernilai. Bukan sekedar mainan yang dapat dibeli hanya dengan harga 200 yen atau jika dalam rupiah sekitar 20.000an tetapi lebih pada sensasi bersusah payah menggerakkan mesin penjepit untuk mendapatkan kapsulnya, sensasi ekstra ketika mengetahui isi dari kapsul tersebut adalah mainan langka yang mungkin sudah anda cari berbulan-bulan atau hanya seri biasa yang semakin menggembungkan koleksi anda.

Source : japantrends