Siapa disini yang masih ingat lagu meme asal Jepang berjudul Pen Pineapple Apple Pen? Lagu yang dinyanyikan oleh komedian beristri cantik Pikotaro tersebut memang tak seramai dulu, tapi Pikotaro masih beraktivitas bernyanyi. Dan baru-baru ini ia telah merilis lagu barunya lagi, yang terlihat memiliki lirik dan suasana yang lebih edgy daripada PPAP dan dengan judul yang juga edgy, yaitu Everyone Must Die.

Pikotaro adalah seorang penyanyi dan penulis lagu fiksi yang juga salah satu persona dari komedian Kosaka Kazuhito selain Kosaka DaiMaou. Popularitas dan ketenarannya meleduk berkat lagu Pen Pineapple Apple Pen yang dinyanyikannya dirilis tahun 2016 lalu. Nada yang catchy dan lirik yang sederhana membuat lagu itu viral tak hanya di Jepang tapi juga jadi meme sampai keluar.

Sampai Justin Bieber juga menyukai lagi itu, dan berkesempatan bertemu dengan Pikotaro. Selain itu, sampai bisa dibuat juga anime Pikotaro dan cafe asli di Tokyo bertema PPAP. Tak mengherankan, semua itu juga membuat Kosaka mendapatkan keuntungan mencapai ratusan juta Yen.

Setelah PPAP, Pikotaro juga merilis lagu kolaborasi dengan grup idol Momoiro Clover Z bertema sayuran, dan juga melakukan cameo berjoget di lagu baru penyanyi viral asal Asia lain sebelumnya, PSY, yang berjudul I LUV IT.

Lalu tahun ini, kemarin-kemarin, ia merilis lagu baru lagi yang berjudul Everyone Must Die dan… terlihat lumayan gelap. Walau ya suasananya masih lucu dan funky seperti PPAP, dari judul sudah terasa edgy, dan liriknya yang puitis juga terasa dalam. Seperti mengatakan kalau kita semua pasti akan mati nantinya, tapi tidak terasa nihilis.

Kematian pada lagu itu juga sepertinya terhubung dengan fakta kalau saat ini di Jepang sedang diadakan perayaan Obon. Hari perayaan dimana masyarakat Jepang menghormati pendahulu mereka yang telah meninggal dan dipercaya kalau arwah yang meninggal datang lagi untuk mengunjungi keluarga yang masih hidup saat perayaan itu.

Menarik juga karena melihat lagu ini yang terasa bertema untuk menerima kematian sebagai bagian dari hidup, dirilis saat studio Kyoto Animation yang kehilangan tiga puluhan staff mereka karena api sedang pantang menyerah dan memulihkan diri mereka. Walau sepertinya tak ada hubungan antara KyoAni dan Pikotaro jadi ini kemungkinan hanya kebetulan.