Cerita Kejayaan L’Arc~en~Ciel : EVERLASTING

Bagi semua pecinta musik Jepang, suka atau tidak suka nama L’Arc~en~Ciel pasti sudah tidak asing di telinga kalian. Salah satu musisi paling berpengaruh yang oleh HMV Japan ditempatkan pada posisi ke 58 dari 100 artis berpengaruh di Pop scene Jepang. Dan bagi kalian atau mungkin sebagian dari kita pecinta musik Jepang band ini adalah band yang telah mengenalkan dan membuat kita jatuh cinta dengan Musik Jepang. Begitu banyak cerita tentang naik turunya karir mereka sejak terbentuk lebih dari 20 tahun lalu. Namun pencapaian L’Arc~en~Ciel bisa dibilang merupakan pencapaian terbesar yang bisa diraih oleh sebuah Band Quintet asli dari Jepang.

Mari kita flashback pada masa 90an, karir  L’Arc~en~Ciel saat itu menanjak di sekitar tahun 1998, saat single  “Winter Fall” mulai memuncaki tangga lagu Oricon. Kesuksesan ini diikuti oleh perilisan dua album yang juga dirilis di beberapa negara di Asia pada tahun 1999. Ark dan Ray sama-sama mencapai penjualan 1,5 juta kopi di minggu pertama perilisannya dan hingga kini total penjualannya melebihi 2 juta kopi masing-masing. Hingga saat ini Kedua album tersebut adalah yang paling sukses jika dinilai dari penjualan fisik nya. Mungkin karena saat ini juga penjulan musik Digital lebih marak.

Cover ARK
Cover ARK
Cover RAY
Cover RAY

 

Terlepas dari kesuksesan penjualan fisik, salah satu pemasukkan terbesar L’Arc~en~Ciel juga melalui Live Show mereka yang luar biasa. Seperti dilansir oleh Forbes yang juga menyebut L’Arc~en~Ciel di artikel nya sebagai The Richest Rock Band You’ve Never Heard Of, seusai konser nya di Madison Square Garden (ini juga salah satu pencapaian L’Arc~en~Ciel sebagai artis Jepang pertama yang tampil di MSG) reporter Zack O’Malley menulis artikel tentang mereka dan menyebutkan bahwa setelah peringatan Konser tur 20 Tahun itu berakhir, maka L’Arc~en~Ciel akan mencatat rekor 17 kali penampilan Konser yang dihadiri setengah Juta orang. Bayngkan jika tiap konser rata-rata ticketnya seharga Rp. 1 Juta, hmm,,, udah deh hitung sendiri.

What do You think of this moment?
Kiss!!
Another Crowd
Another Crowd
Other View
Other View

 

L’Arc~en~Ciel memang tidak secara instan meraih pencapaian itu semua, mereka juga telah melalui karir yang naik turun, dan sempat beberapa kali Hiatus. Jika dilihat dari Hiatus mereka yang pertama pada sekitar tahun 2001, mungkin seperti halnya band-band lain di Asia saat itu, saat musik Timur sedikit tersisih dengan musik Pop barat yang begitu berkembang. Sedikit cerita salah satu band Favorit saya juga yakni The Yellow Monkey yang bisa dibilang karirnya cukup baik pada 90an, dan sempat menyambangi Amerika dan UK jauh sebelum L’Arc~en~Ciel melakukannya pada tahun 2004, juga berhenti beraktifitas di saat yang sama, namun sayangnya Band ini tidak pernah berkumpul lagi. Salah satu legenda Visual Kei, Luna Sea, pun menghilang setelah Konser Perpisahan pada Desember 2000, dan baru kembali saat Industri mebaik pada tahun 2007.

Old Looks
Old Looks

l_arc-en-ciel_188

005606_08

Namun yang membedakan L’Arc~en~Ciel dengan dua band Legenda di atas, ialah kebangkitannya. Hanya sekitar Dua Tahun kesibukkan para personilnya di Solo project masing-masing berlangsung. Mereka kembali berkumpul dan membawa sesuatu yang lebih hebat, yang akan menandai kesuksesan musik rock Jepang, hingga yang dapat kita rasakan saat ini. Banyak hal yang unik dan berbeda yang disajikan oleh L’Arc~en~Ciel sebagai sebuah band pada saat itu, terlepas dari karya dan lagu-lagunya, sebenarnya saat itu pengonsumsi musik khususnya di Asia, sedang diliputi Hegemoni fanatisme grup boyband yang rupawan entah datang dari Barat maupun beberapa yang mulai terbentuk dan berkembang di Asia. Maka dari itu comeback mereka, juga ditandai dengan penampilan fisik yang luar biasa dari personilnya, yang menimbulkan fanatisme serupa. Sudah diakui musikalitasnya sejak era 90an tentunya membuat L’Arc~en~Ciel tidak sulit untuk mendapatkan Fans meskipun datang dari kalangan Pecinta Musik yan menilai musikalitasnya maupun bagi mereka yang menikmati Penampilannya, Hal-hal unik seperti Alter-ego P’UNK~EN~ CIEL, semakin membuat para penggemar fanatisme nya semakin penasaran dan mendalami idolanya.

 

Menurut Saya pribadi L’Arc~en~Ciel lah yang mempengaruhi sedikit atau banyak dari perkembangan industri musik Jepang khususnya dalam bentuk Band hingga menjadi seperti sekarang. Pada masa sulit mereka tetap bisa survive dan menyajikan karya mereka dengan tetap memenuhi kriteria dan selera Pasar, sehingga terbentuklah suatu selera dan pasar sendiri yang pada akhirnya mengacu ke Mereka. Kharisma yang dikeluarkan personilnya, dari kemampuan bermusik dan penampilan fisik juga menjadi nilai yang mereka tonjolkan. Jika L’Arc~en~Ciel disebut sebagai Japan’s Quintessential Rock Band, yang bisa diartikan Band Rock Jepang yang sangat berpengaruh, maka HYDE juga bisa disebut Quintessential Rock Star, pentolan L’Arc~En~Ciel ini seperti menjadi kiblat dan menujukkan kebintangan dan kharisma nya dengan sangat Luar biasa. Saya ingat saat pertama kali melihat Video Clip MY HEART DRAWS A DREAM di MTV sekitar tahun 2007, mungkin tidak hanya saya yang tidak ingin berpaling dan memilih memperhatikan cara bernyanyi dan penampilan sang vokalis lebih dalam, dan mengarah ke permainan bass dan gitar yang apik. Lagu yang di awali dengan intro yang sudah cukup menarik perhatian ini juga menjadi penanda puncak sukses kedua sejak mereka berkumpul kembali dengan Single “Ready Steady Go”di 2003.

v3ooj2am

Kesuksesan L’Arc~en~Ciel semakin tak terbendung sejak 2007 itu, industri musik Jepang semakin membaik dan mulai menyebar ke seluruh Dunia, Band-band baru bermunculan, band-band hebat yang lama mulai kembali berkumpul. Bagi saya melihat Karir L’Arc~en~Ciel yang seperti ini seakan mewakili nama mereka sebagai “Pelangi” yang muncul setelah hujan yang lebat. Krena mereka benar-benar memberi nafas segar bagi industri saat itu hingga sekarang. Memang sih, tutur HYDE saat mereka memilih nama band tidak ada maksud tertentu memilih nama L’Arc~en~ciel (yang akhirnya lebih sering disebut laruku) selain karena nama dalam bahasa Inggris sudah banyak digunakan, dan karena itu lebih catchy. Namun seiring berjalannya waktu nama mereka tersebut akhirnya sangat berarti dan mewakilkan apa yang telah terjadi dalam perjalanan karir mereka.

HYDE is Awesome!!
HYDE is Awesome!!

Mungkin itu semua bersyukur sempat berada pada masa kejayaan L’Arc~en~Ciel ini yang memberi warna pada kecintaan kita pada musik. Kesempatan saat mereka mengunjungi Indonesia pada 2012 lalu pun tidak mau dilewatkan oleh ribuan fans mereka disini. Dan baru saja 21 dan 22 Maret kemarin mereka mengadakan two days concert yang megah di National Stadium Tokyo, dan mengumumkan kejayaan nya yang diharapkan akan dikenang sepanjang masa dalam bentuk Single EVERLASTING. Yang unik dari EVERLASTING ialah single ini akan dirilis tanpa disertai B-side atau lagu lain yang akan mendampinginya, mereka menyebut bagaimana jika single hanyalah terdiri dari satu lagu, karena seperti itulah seharusnya sebuah single. Bagi saya sendiri, satu kata “EVERLASTING” sudah dapat mewakili bagaimana L’Arc~en~Ciel berjaya.

L-Arc-en-Ciel1-1024x682 Larc-En-Ciel-001-20140303

 

Source: L’Arc~en~Ciel Official