Wabah virus corona masih terlihat serius di Jepang, dan itu sayangnya membuat tak hanya makin banyak anime yang kena delay penayangannya, tapi juga makin banyak event sampai musim gugur yang kemungkinan dibatalkan. Contohnya yang baru yang diumumkan terkena efeknya adalah event besar dunia gaming di Jepang, event TGS 2020 ini yang direncanakan pada musim gugur nanti, yang dikabarkan batal diadakan.

TGS atau Tokyo Game Show adalah event expo dan konvensi seputar dunia gaming di Jepang, yang juga salah satu event industri gaming terbesar di negara Jepang dan seluruh dunia. Event tersebut dipakai sebagai tempat mempresentasikan banyak game besar, yang mayoritas game Jepang tapi kadang ada juga game luar yang dapat kesempatan tampil.

Event tersebut pertama diadakan tahun 1996, dimana aalnya diadakan 2x setahun tapi diubah jadi setahun sekali sejak 2002. Yang tak berubah adalah event itu selalu dilaksanakan selama 4 hari, dimana 2 hari hanya bisa didatang pengunjung bisnis, dan 2 hari untuk pengunjung umum, dan diadakan di Chiba dalam gedung Makuhari Messe.

Dalam sejarahnya, event Tokyo Game Show selalu diadakan setiap tahunnya, dan tak pernah ada pembatalan. Akan tetapi untuk yang kemungkinan pertama kalinya dalam sejarah Tokyo Game Show, event tersebut akan dibatalkan untuk tahun 2020 ini, yang dijadwalkan untuk diadakan tanggal 24-27 September.

Asosiasi Computer Entertainment Supplier memberikan pengumuman kalau mereka memutuskan untuk membatalkan event Tokyo Game Show 2020 dikarenakan kekhawatiran akan virus corona yang dapat membahayakan staff, exhibitor, dan pengunjung.

Sesuatu yang mungkin agak terasa ekstrim mengingat jadwal event itu masih beberapa bulan lagi, tapi dapat dimengerti melihat virus corona di Jepang masih bertahan lebih lama dari ekspektasi, yang juga membuat masa darurat coronavirus negara itu diperpanjang sampai akhir Mei.

Tapi ada kemungkinan itu bukan pembatalan total juga, karena kemungkinan event tersebut nantinya akan diubah formatnya jadi digital. Pengumuman bahasa Jepangnya mengatakan hal itu masih sedang dipertimbangkan, sedangkan pengumuman bahasa Inggrisnya mengatakan kalau hal itu sedang direncanakan. Info lebih akan diberi akhir Mei nanti.