Dengan banyaknya anime dan game yang dibuat di Jepang, tentu ada banyak event yang diadakan disitu. Event macam itu memang umumnya berjalan mulus, tapi meskipun begitu kadang bisa saja masalah terjadi dalam event macam itu. Seperti dalam event Pop Team Epic yang sampai dihentikan lebih awal karena kedatangan polisi. Kali ini ada event lain yang juga mengalami masalah dalam eksekusinya, yaitu pada KanColle Sanma Fest.

Nama lain event itu adalah Chinjufu Sanma Matsuri. Event tersebut berawal dalam bentuk event yang muncul dalam game Kantai Collection, yang pertama diadakan tahun 2015. Tapi kemudian event tersebut dijadikan event asli dalam dunia nyata pada tahun 2016, dan tahun 2018 ini event tersebut diadakan lagi untuk kedua kalinya.

Event ini telah dimulai dari tanggal 5 Oktober kemarin, dan akan berlangsung sampai tanggal 4 November. Event ini lumayan besar, dengan bagian utamanya diadakan di Tokyo, tapi selain itu dilakukan juga di Hiroshima, Sapporo, Nagoya, dan Kyoto dari tanggal 5 sampai 14 Oktober.

Bagian utama dari event ini adalah makanan, spesifiknya Sanma atau ikan Sauri. Ada beragam menu seperti sushi sauri sampai sauri bakar. Dan setiap melakukan reservasi akan ada bonus seperti T-shirt, stiker, gantungan kunci, dan lain-lain. Dan ada beberapa pilihan paket reservasi.

Event ini sangat ramai, dengan para staff promosi event ini mengatakan kalau ada banyak sekali yang memesan reservasi akan event tersebut. Melalui Twitter official KanColle, dikatakan kalau dalam waktu singkat sampai 95 persen tempatnya telah dibuking.

Akan tetapi ternyata ada yang tak beres dalam event Sanma Matsuri kali ini. Keramaian reservasi dan buking tersebut ditemukan merupakan eksploitasi para calo. Para netizen menemukan kalau ternyata ada yang menjual reservasi untuk event tersebut, dengan harga extra tinggi.

Sebagai contoh, harga paket tertinggi dalam event itu adalah 7.400 Yen, berisikan 15 menu makanan plus beberapa hadiah bonus item. Dan harga reservasi paket itu dilelang seharga 13.000 Yen. Dan terlihat kalau ada yang melelang paket itu seharga 15.000 Yen! Dan tak hanya satu mina-san. Beberapa netizen juga mengatakan kalau calo event tersebut ada beberapa lagi.

Calo yang lumayan canggih sih main pakai lelang, tahu kalau akan ada fans yang mau tak mau terpaksa rela demi berkunjung ke event itu. Tapi ini tetap sesuatu yang bikin kesal dan mengecewakan.

Comments