Mina-san yang fans animanga mungkin sudah banyak yang mendengar nama Tezuka Osamu, sang Ayah dunia Animanga, yang tanpa kerja kerasnya mungkin takkan ada animanga saat ini. Ia telah membuat banyak sekali karya dari beragam genre, dari cerita anak-anak sampai yang serius dan dewasa. Tapi tahukah mina-san kalau Tezuka juga pernah membuat animanga erotis? Yaitu sebuah animanga berjudul Cleopatra.

Ya, rasanya terdengar mengejutkan, tapi memang benar kalau Tezuka sensei pernah membuat karya yang erotis ini. Cleopatra, sesuai judulnya, mengisahkan sang Ratu Kerajaan Mesir tersebut dan suaminya, Marc Antony, seorang politisi Republik Roma.

Alasan kenapa karyanya ini tak begitu diketahui dibandingkan karyanya yang lain macam Astro Boy atau Doctor Black Jack dan Kimba, kemungkinan karena Cleopatra gagal mencapai kesuksesan. Cleopatra ini originalnya dibuat dalam bentuk anime, yang disutradai oleh Tezuka bersama dengan Yamamoto Eiichi, dan diproduksi dengan kerjasama Mushi Production dan Xanadu Production.

Anime Cleopatra tersebut dirilis pada bulan September 1970 dan dirilis di Amerika tahun 1972, dengan tagline “Lebih Erotis Dari Kisah 1.001 Malam” tapi walau tagline itu lumayan terdengar besar, konten dari Cleopatra tidak seporno film ero lain. Dan itu membuat film tersebut dikritik dan mengalami kegagalan, walau tetap dipuji dalam segi animasinya yang bagus dan penuh warna.

`

Tapi yang lebih tak dikenal lagi dari anime Cleopatra tersebut, adalah adanya versi adaptasi manga Cleopatra yang dibuat oleh Tezuka bersama dengan Sakaguchi Hisashi, yang dirilis pada bulan Oktober 1970 dalam majalah COM Supplement, dan menjadi barang langka.

Akan tetapi mereka yang kolektor dan fans Tezuka sensei akan bisa mendapatkan manga itu lagi pada masa kini. Karena diumumkan kalau adaptasi manga Cleopatra akan diprint ulang, dan kerennya lagi dalam bentuk yang sama dengan perilisan pertamanya pada kertas ukuran B5, dan dengan pin-up dan gambar berwarna.

Versi reprint ini disebut Cleopatra Complete version dan sedang dibuka pre-ordernya di website penerbit Fukkan seharga 5.940 Yen. Tapi ini adalah versi terbatas, jadi yang menginginkannya perlu cepat-cepat karena jumlahnya tak banyak, saat penulisan artikel ini sih masih ada 40 buku.

Comments