Masih membicarakan pergantian era Jepang. Setelah sebelumnya Kaisar Akihito mengucapkan pidato terakhirnya sebagai seorang kaisar dan turun dari tahta kaisar, berikutnya adalah kenaikan dari putranya, Naruhito, menjadi kaisar Jepang berikutnya setelah Akihito. Dan dengan kenaikan Naruhito telah diresmikan, maka kini era Reiwa negara Jepang telah resmi dimulai, dan rakyat Jepang di berbagai tempat merayakannya.

Kaisar Naruhito lahir pada tanggal 23 Februari 1960, yang membuatnya menjadi kaisar Jepang pertama yang lahir setelah Perang Dunia II. Ia meneruskan ayahnya, Akihito, menjadi Kaisar Jepang diumurnya yang ke-59 tahun.

Dalam pidatonya setelah ia naik tahta, Kaisar Naruhito mengatakan kalau ia akan bertindak sesuai dengan konstitusi dan memenuhi tanggung jawabnya sebagai simbol negara, tapi juga selalu memikirkan rakyat Jepang dan berdiri bersama mereka. Ia juga mendoakan kebahagiaan orang-orang dan lebih mengembangkan negara dan juga perdamaian dunia.

Dan setelah sebelumnya mengungkapkan rasa terima kasih kepada Akihito atas kerja kerasnya sebagai kaisar Jepang era Heisei, Abe Shinzou hadir lagi untuk memberikan selamat kepada Naruhito atas kenaikan tahtanya.

Ini memang momen yang begitu besar. Kita telah melihat beberapa nama dari dunia animanga merayakannya seperti Shonen JUMP dan Crayon Shinchan. Selain itu ada juga perusahaan Softbank dan Boss Coffee yang merilis video spesial perayaan pergantian era. Sampai penyanyi terkenal Yoshiki juga menyambut era Reiwa dalam tweet.

Tapi tak hanya nama-nama terkenal yang merayakannya. Rakyat biasapun juga ikut memeriahkan suasana, baik dalam dunia maya maupun offline. Diantaranya dengan sekumpulan hingga 1.500 orang bergerombol untuk membentuk kanji Reiwa di Dazaifu, Fukuoka.

Selain itu banyak juga yang berbondong-bondong ke pantai untuk menyaksikan matahari terbit pertama era Reiwa, seperti di kota Kushimoto yang terletak di Prefektur Wakayama, dimana para pengunjung pergi ke Shionomisaki.

Omedeou Gozaimasu bagi Kaisar Naruhito dan Negara Jepang dalam pergantian era barunya. Semoga era baru ini bisa membawakan berbagai hal besar kepada negara Jepang, dan semoga dunia animanga dan game Jepang semakin seru juga ya 😉