Acara peluncuran album foto khusus para lulusan pada tanggal 9 April 2016 lalu di Shioizumi Book Tower adalah saat terakhir Isono Rinon, Shirai Saki, dan Ooga Saki secara resmi menggunakan seragam Sakura Gakuin. Acara tersebut dapat dikatakan menjadi acara penutup setelah konser terakhir mereka pada tanggal 27 Maret 2016 dimana para fukei (panggilan untuk fans) telah melepas kepergian mereka dalam upacara kelulusan berjudul “The Road To Graduation 2015 Final”; rangkaian acara yang bukan saja berisi konser, namun juga bentuk acara lain yang dibuat sedemikian rupa seperti rangkaian acara kelulusan siswa SMP di Jepang.

Acara peluncuran buku album foto lulusan angkatan 2015 (source: entamenext.com)
Acara peluncuran buku album foto lulusan angkatan 2015 (sumber: entamenext.com)

Kelulusan tersebut juga menandai berakhirnya era Sakura Gakuin lama. Isono Rinon, ketua kelas angkatan 2015, adalah anggota terakhir generasi awal Sakura Gakuin. Ia adalah siswa yang masuk pada tahun 2011 dan satu-satunya anggota angkatan 2015 yang pernah tampil bersama semua anggota awal Sakura Gakuin pada masa debut serta menyumbang suara dalam semua album Sakura Gakuin sejauh ini.

Foto para anggota angkatan 2016 sebelum masuknya siswa baru (sumber: sakuragakuin.jp)
Foto para anggota angkatan 2016 sebelum masuknya siswa baru (sumber: sakuragakuin.jp)

Sakura Gakuin angkatan 2016 akan menjadi era baru dimana para anggota tidak pernah merasakan proses pembentukan tradisi Sakura Gakuin dan tampil bersama para anggota awal. Menandai dimulainya babak baru grup ini diadakanlah acara perdana angkatan 2016 pada tanggal 6 Mei 2016 di Nakano Sun Plaza Hall, Tokyo. Acara tersebut berjudul “Sakura Gakuin 2016, Transference Equation”, dengan agenda utama untuk memperkenalkan siswa baru dan ketua kelas angkatan 2016 kepada para fans.

Semua anggota pada cover album ini telah lulus
Semua anggota pada cover album ini telah lulus

Sakura Gakuin adalah grup multivokalis yang dibuat menyerupai sekolah sebenarnya. Para anggota diberikan seragam sekolah, mengikuti pelajaran-pelajaran, menghadapi ujian, dan pada akhirnya harus menjalani kelulusan dari grup tersebut bertepatan dengan kelulusan tiap anggota dari tingkat SMP sekolah sebenarnya. Grup ini juga memiliki sub-unit yang dibuat seperti klub ekstrakurikuler; klub musik keras (BABYMETAL), klub masak (Mini Pati), klub tenis (Pastel Wind), dan lain-lain. Grup ini dimaksudkan sebagai tempat anggotanya dididik menjadi “super lady” sehingga sampai masa tertentu mereka harus dilepas kedalam dunia nyata. Para lulusan tersebut tidak dipaksa untuk melanjutkan berkiprah sebagai pemusik, karena “super lady” tidak hanya ada dalam dunia tarik suara. Hal tersebut terbukti dengan alumni-alumni yang kemudian tidak lagi terlihat di layar kaca, seperti Airi Mitsui, Ayaka Miyoshi, Nene Sugisaki,  Hinata Sato, Marina Horiuchi, Hana Taguchi, dan kemungkinan besar ketiga lulusan angkatan 2015 yang menyatakan belum ingin kembali menjadi bintang panggung.