Wabah virus corona ini membuat banyak anime jadi kena delay penayangannya. Dan sayangnya bukan hanya itu, karena seri Tokusatsu juga terkena dampak virus tersebut, dengan salah satu aktor utama seri Sentai Kiramager diperiksa positif kena coronavirus. Dan kini muncul kabar yang tak mengenakkan lagi dalam dunia tokusatsu karena virus itu, dengan episode baru Mashin Sentai Kiramager dan Kamen Rider Zero One juga jadi delay tayang.

Mashin Sentai Kiramager adalah seri tokusatsu Super Sentai yang sedang tayang saat ini sejak bulan Maret. Seri tersebut adalah yang ke-44 dalam franchise Super Sentai dan ke-2 dalam era Reiwa setelah Kishiryuu Sentai Ryuusoulger.

Seri Sentai tersebut terkena masalah beberapa minggu kemarin dengan kabar kalau aktor utamanya, Komiya Rio pemeran Atsuta Juuru sang Ranger merah, positif kena COVID-19 alias virus corona, dan ini membuat Toei memutuskan untuk menutup seluruh studionya agar dapat melakukan disinvektisasi sejak akhir Maret.

Sang aktor dilarikan ke rumah sakit, tapi kemudian sudah boleh keluar pada 9 April. Tapi sayangnya penutupan studio itu terlihat dampaknya, yang digabungkan lagi dengan keadaan negara Jepang yang memperpanjang masa darurat virus corona membuat sulitnya melakukan syuting episode baru.

Jadi tak mengherankan kalau pada akhirnya seperti banyak anime tahun ini, dua seri Tokusatsu besar buatan studio Toei, Mashin Sentai Kiramager dan juga Kamen Rider Zero One, diumumkan pada hari Minggu kemarin juga kena efek delay tayang untuk episode-episode barunya mulai dari minggu depan.

Pengumuman delay tersebut juga menjelaskan tayangan pengganti kedua seri Tokusatsu tersebut minggu depan pada tanggal 17 Mei. Mashin Sentai Kiramager akan menayangkan film spesial Kiramager Episode 0, film prequel yang sebelumnya ditayangkan pada bulan Februari di bioskop Jepang sebelum premier seri itu di TV.

Sementara itu untuk Kamen Rider Zero One, Toei akan menayangkan bagian pertama dari 2 part spesial recap. Menariknya sih sejauh ini tak ada kabar delay dari Toei untuk penayangan Summer movie kedua seri itu, yang dijadwalkan rilis bulan Juli 2020 nanti.