Jakarta– Matsuri atau festival tahunan bertema jepang bertajuk Ennichisai akan kembali diadakan di Kawasan Blok M, Jakarta. Festival yang diselenggarakan selama dua hari ini, akan mengusung tema Unity atau Persatuan. Acara ini akan diselenggarakan hari Sabtu dan Minggu, tepatnya pada tanggal 22 – 23 Juni 2019.  

General Manager Ennichisai 2019, Nagayama-san menyampaikan presentasinya di Japan Foundation, 10 Maret 2019

Acara yang sudah ada sejak 10 tahun silam ini, akan turut mengundang artis dan performer baik dari Indonesia dan Jepang. Beberapa artis yang sudah dikonfirmasi untuk datang diantaranya adalah JKT48, dan Jakarta Keion Club. “Seperti tahun lalu, acara ini akan dibagi menjadi 3 stage, dan masing-masing stage memiliki tema dan konten yang berbeda. 3 stage tersebut adalah Main Stage, Pop Stage dan Chika Stage.” Jelas Nagayama-san, General Manager Ennichisai 2019. Untuk kamu yang ingin tampil dan berpartisipasi dalam panggung Ennichisai, terutama dalam hal seni seperti dance cover atau menyanyi, dapat mendaftarkan diri untuk tampil di Chika Stage. Main Stage akan lebih berfokus pada seni tradisional Jepang dan Indonesia, sedangkan Pop Stage lebih menampilkan pop culture Jepang, seperti Anisong dan Cosplay Competition. Kompetisi cosplay yang akan menentukan perwakilan Indonesia untuk World Cosplay Summit, juga akan diadakan di Pop Stage ini.

Selain dari panggung yang megah dan artis yang hype untuk disaksikan, tentu kehadiran Booth dan Stand di Ennichisai merupakan salah satu yang ditunggu oleh pengunjung. Tahun ini Ennichisai kembali membuka kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi memeriahkan Ennichisai, terutama dalam hal kegiatan jual beli.  “Ada beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh pihak penyelenggara Ennichisai, yaitu sponsorship dan booth.” Jelas Takeya-san, Kepala Sponsorhip dan Booth Ennichisai 2019. Registrasi sponsorship dan booth akan dilakukan dua kali pada tanggal yang terpisah, yaitu pada hari Jumat, 5 April 2019 dan 3 Mei 2019, bertempat di Japan Foundation, Gedung Sumitra, Jakarta. Pihak Ennichisai memiliki website resmi yaitu www.ennichisaiblokm.com untuk informasi lebih lanjut tentang acara dan booth serta sponsorship yang ditawarkan. Jangan lupa kamu cek ya!

Ennichisai mengalami peningkatan pengunjung setiap tahunnya.

Ennichisai merupakan acara bertema jepang terbesar yang ada di Jakarta. Selain Ennichisai ada pula Jak-Japan Matsuri yang juga diadakan tiap tahun. Yang membedakan Ennichisai dengan Jak-Japan Matsuri adalah penyelenggaranya, dimana Ennichisai diselenggarakan oleh pihak swasta atau individu, sedangkan Jak-Japan Matsuri diselenggarakan oleh Kedutaan besar Jepang dan Pemerintah Republik Indonesia. Oleh karena itu, Ennichisai mencari dana secara independent dan tidak berpangku pada bantuan finansial pemerintahan, baik kedutaan besar Jepang maupun pemerintah Indonesia. “kesuksesan Ennichisai dilihat dari antusiasme pengunjung, dan juga volunteer yang berpartisipasi dalam acara tersebut.” Tandas Amagasa-san, Kepala Grup Mikoshi Ennichisai. Volunteer-nya sendiri ada berbagai macam, mulai dari ticketing, keamanan, hingga volunteer kebersihan. Jika kamu ingin berpartisipasi namun tidak memiliki waktu dan tenaga untuk volunteer seperti yang kita sebutkan sebelumnya, kamu bisa berpartisipasi dalam bentuk donasi dan menjadi donator untuk Ennichisai tahun ini. Nama para donatur nantinya akan dipajang di sebuah spanduk khusus berisi nama para donator dan disebutkan oleh MC di ketiga stage yang ada di Ennichisai. Dilihat dari apa yang ditawarkan, Ennichisai tahun ini tentu akan menjadi acara yang kita nantikan.