Akiba-chan dan akiba-kei sudah hafal banget dong tentunya dengan event yang satu ini. Ennichisai 2017 kembali digelar, event tahunan ini masuk ke tahun kedelapan pelaksanaanya. Tema yang dihadirkan untuk Ennichisai 2017 ini adalah Challenge. Dengan logo daruma karena berkaitan dengan pepatah ‘nanakorobi yaoki’ yang artinya “tujuh kali jatuh, delapan kali bangun”, diharapkan Ennichisai menjadi simbol pantang menyerah dalam menggapai harapan dan impian.

Ennichisai mendapatkan pengakuan Walikota Jakarta Selatan di tahun 2011 untuk masuk ke dalam rangkaian jadwal acara tahunan kota Jakarta.   Event ini merupakan event Festival Jepang di Indonesia yang   paling   otentik   dengan   “Japan’s   Shopping   Distric   festival”.   Tahun   ini,   Ennichisai   akan diselenggarakan pada 13-14 Mei 2017. Dihadiri lebih dari 200 ribu pengunjung setiap tahunnya dan diramaikan oleh 150 stand makanan-minuman dan booth pernak pernik Jepang.

Ennichisai 2017 Akiba Nation

Ennichisai akan terdiri dari 2 (dua) panggung yaitu tradisional dan modern culture. Tradisional stage akan memperkenalkan budaya Jepang yang sesungguhnya pada masyarakat Indonesia di mana ada keramahan, kerjasama juga perhatian dalam setiap hal yang dilakukan. Tradisional stage terdiri dari Stage performance dan Street Performance meliputi “Mikoshi”, “Wadaiko”, “Eisa”, “Shamisen”, “Koto” “Yosakoi Contest”,  “Nihon Buyou”, “Oiran Dochu” dan “Shishimai”.  Ennichisai 2017 akan semakin meriah dengan kehadiran Guest Performance dari Jepang.

Tidak kalah menarik untuk membawa sisi modern kebudayaan Jepang, Pop Culture Stage tahun ini akan disebut  sebagai  CLAS:H  Pop  Culture  Stage  yang  akan  berkolaborasi  dengan event  CLAS:H.  Content acaranya pun sangat beragam dimulai dari CLAS:H Single Cosplay Competition, CLAS:H Grand Final dan penampilan berbagai IDOL seperti JKT48, Shojo Complex, Enka Girls, Tokyo Samurai Girls & Addiction. Adapun musisi yang akan menambah kemeriahan CLAS:H Stage seperti Keisuke Ito, Hiroaki Kato, Yumi Intan, REDSHiFT, Narita Rei, Mori Tsubasa, dan masih banyak performers lainnya!

Bagi para penggemar Jepang baik Pop Culture ataupun Traditional Culture, pasti tidak akan pernah melewatkan festival Ennichisai. Karena hanya di festival Jepang ini kita bisa menemukan dan juga menikmati semua hal yang akan membuat kita merasa di jepang mulai dari makanan, merchandise hingga dekorasi, bahkan pengunjungnya pun akan bergaya seakan mereka berada di Jepang.

Sedikit spoiler buat akiba-chan dan akiba-kei yang belum sempat kesampean main ke event ini. Gimana sih gambaran acara-acara di Ennichisai 2017 nanti?

Main Stage / Traditional Stage

Mikoshi

Adalah “tandu suci” atau juga sering disebut kuil portable agama Shinto. Pemeluk agama Shinto percaya bahwa mikoshi adalah kendaraan para dewa di Jepang, untuk berpindah dari kuil utama menuju kuil. Sementara selama festival atau pindah ke kuil baru. Di Ennichisai Mikoshi akan diarak mengelilingi daerah Blok M – Melawai.

Odori

Odori dalam bahasa Indonesia berarti tarian. Namun di Indonesia Odori lebih sering dikaitkan dengan Pertunjukan Tarian Tradisional Jepang. Terdapat bermacam-macam Odori di Ennichisai mulai dari Awa Odori hingga Yosakoi. Tidak ketinggalan juga pertunjukan Eisa (tabuhan drum Jepang).

Pop Culture (CLAS:H STAGE)

Pop Culture Stage tahun ini akan disebut sebagai CLAS:H Pop Culture Stage, berkolaborasi dengan event CLAS:H

Grand Final CLAS:H!! Pemilihan Wakil Indonesia

Pemenang tahun 2016

Di CLAS:H Pop Culture Stage hari pertama, Ennichisai akan mengadakan Kompetisi Cosplay Tingkat Nasional yaitu Grand Final CLAS:H. Kompetisi ini dimulai sejak tahun 2011 di Ennichisai dan berkembang hingga sekarang, hingga saat ini para finalisnya diambil dari 4 wilayah yaitu Sumatra, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Nantinya akan ada 10 finalis akan menampilkan sebuah pertunjukan menarik dengan kostum yang luar biasa untuk memperebutkan hadiah utama menjadi perwakilan Indonesia di ajang kompetisi cosplay tingkat dunia, World Cosplay Summit (WCS) yang akan diadakan di Nagoya, Jepang. Akan ada 26 negara yang ikut serta dari mulai Amerika Serikat hingga Kuwait. Pemenang dari CLAS:H Grand Final akan terbang ke Nagoya Jepang selama 2 minggu dan berkompetisi disana. Indonesia sendiri telah meraih 2 kali juara 3 dunia pada tahun 2012 dan 2014.

CLAS:H Singles Cosplay Competition

Singles Cosplay Competition akan diadakan selama 2 hari khusus pada CLAS:H Pop Culture Stage – Ennichisai. Salah satu peserta wanita yang beruntung akan dipilih menjadi representatif Indonesia untuk hadir di TOKYO GAME SHOW 2017 di Jepang.

LEAVE A REPLY