ENNICHISAI 2015 sudah dekat! Sudah Siap Tersenyum??

ENNICHISAI atau lebih lengkapnya Little Tokyo Ennichisai Blok M, merupakan festival Jepang tahunan terbesar dan satu-satunya yang otentik dengan Kuliner, seni dan kebudayaan Tradisional Jepang di Indonesia. Diadakan sejak tahun 2010, di tahun 2015 ini Ennichisai akan kembali dihelat pada 9-10 Mei 2015. Lalu apa yang ditawarkan oleh “Japan’s Shopping District Festival” ini pada tahun 2015?

Ennichisai2015

Event yang dihadiri lebih dari 200 ribu pengunjung setiap tahunnya ini, tercatat mempunyai 150 stand makanan dan pernak-pernik Jepang yang akan ikut meramaikan suasana Little Tokyo tahun ini. Kolaborasi antara budaya Tradisional dan Modern dari Jepang adalah nilai plus dari Event yang sudah menjadi Agenda tahunan Kota Jakarta sejak tahun 2011.

Ennichisai 2015 kali ini, akan mengangkat Tema Always Smile. Tema yang dalam Bahasa Indonesia berarti selalu tersenyum ini, seakan menjadi tribute untuk seluruh lapisan yang mendukung penyelenggaraan Ennichisai pada tahun 2015 ini. Makna positif dan optimisme dari senyuman juga akan semakin mempererat nilai persahabatan, seperti halnya maksud acara cross culture ini digelar. Ennichisai juga bermaksud untuk bereterima kasih terhadap pengunjung dan pihak yang mendukung Event besar ini dapat digelar kembali, sehingga dapat memberikan senyuman lagi di tahun 2015 ini. Bagaimana dengan kalian? siapkah mempersembahkan senyuman terbaik kalian??

Yang pasti akan ada banyak hal di Ennichisai 2015 yang akan melengkungkan senyum di wajah kalian nanti. Mulai dari sederetan Budaya Tradisional hingga Pop Culture yang tak pernah membuat kita berhenti untuk terhibur, budaya Tradisional yang akan hadir di Ennicisai 2015 diantaranya adalah

Mikoshi

Yang membuat Ennichisai berbeda dari festival Jepang lain di Indonesia adalah pengangkatan budaya Tradisional yang kental, maka dari itu titel Little Tokyo pada acara ini pun layak untuk disematkan. Salah satu budaya yang akan diangkat di Ennichisai 2015 adalah Mikoshi, menjadi agenda dan tontonan menarik, serta dapat membawa suasana yang khas, Mikoshi yang berarti “Tandu Suci” akan senantiasa ditunggu oleh para pengunjung Ennichisai. Sebuah budaya yang berasal dari kepercayaan Shinto di Jepang, tandu yang juga bisa di sebut Kuil keliling ini, akan diarak keliling kawasan Blok M – Melawai selama Ennichisai berlangsung.

Mikoshi
Mikoshi

Suasana Mikoshi Parade di Tahun 2013

Odori

Kemudian salah satu budaya Tradisional lainnya merupakan Odori yang berarti tarian. Di Indonesia sendiri Odori identik dengan tarian Tradisional Jepang, dan Ennichisai 2015 akan menghadirkan berbagai macam Odori mulai dari Awa Odori hingga Yosakoi. Dan tidak ketinggalan juga Eisa (Tabuhan Drum Jepang)

Ennichisai Odori

Selain line up diatas, di Main Stage Ennichisai juga akan masih banyak pertunjukkan tradisional dari berbagai performer. Dan selain pertunjukkan Tradisional, yang tidak kalah dnantikan merupakan pertunjukkan Pop Culture. Di divisi Pop Culture seperti yang telah kita ketahui, Ennichisa akan bekerja sama dengan Event CLAS:H yang sebelumnya sudah melalui tahap pre-eliminary di beberapa kota besar. Pada perhelatan Ennichisai, CLAS:H sebagai divisi pop culture juga akan menghelat Grand Final, selain itu juga akan ada performer yang akan ikut meremaikan Acara.

CLAS:H sendiri mengangkat tema “2015 Years of Idol“, dan tentu saja bintang-bintang yang akan hadir merupakan Idol Group dari Jepang seperti, STARMARIE, Pink Babies, Love Android, dan Faint*Star. Selain Idol Group juga ada line up seperti Amour MiCo, SAGA, dan artis-artis yang juga tampil dalam roadshow CLAS:H di beberapa kota diantaranya Hiroaki Kato, 1000% Boyz, Lunar Cosplay Team, REDSHiFT dan banyak lagi yang lainnya.

Tentu saja Ennichisai 2015 merupakan event yang special dimana Budaya Pop dan Tradisional disajikan dalam satu kemasan yang menarik. Di tahun 2015, mengawali langkahnya bersama CLAS:H yang digelar di beberapa kota, akan semakin membuat banyak mata pecinta budaya Pop culture maupun Tradisional Jepang akan tertuju pada Ennichisai kali ini. Yang pasti kita sudah tidak sabar untuk menyambut Ennchisai dengan senyuman, Bagaimana dengan Kalian?? 🙂

Berikut salah satu Highlight Video dari Ennichisai tahun lalu