Ending atau Opening sebuah anime memang sesuatu yang penting, dan bisa berfungsi untuk menarik perhatian. Contohnya kemarin-kemarin anime Pastel Memories jadi dibicarakan netizen di Jepang, yang berpendapat kalau visual ending tersebut terlalu eroi. Nah kali ini ada lagi ada lagi ending anime yang sedang tayang pada musim Winter 2019 ini yang jadi topik pembicaraan netizen, yaitu ED Kaguya-sama ep 3.

Kaguya-sama ha Kokurasetai – Tensaitachi no Ren’Ai Zunousen adalah anime yang berasal dari manga buatan Akasaka Aka. Manga tersebut awalnya diserialisasikan di Miracle JUMP dari 2015, tapi tahun 2016 dipindah ke majalah manga mingguan Young JUMP sampai sekarang.

Mengisahkan kisah cinta dua murid jenius anggota OSIS sekolah terkemuka Shuchi’in, Shirogane Miyuki sang ketua OSIS dan wakilnya, Shinomiya Kaguya. Keduanya saling cinta, tapi terlalu tinggi hati untuk menyatakan cinta mereka, jadi keduanya berusaha “menang” dengan membuat yang lain menyatakan cinta mereka.

Kepopuleran manga itu terlihat dengan dirilisnya dua spin-off tahun 2018 kemarin. Kaguya-sama wo Kataritai yang ditulis Ida G3, dan Kaguya-sama wa Kokurasetai Doujinban yang dibuat Sakayama Shinta. Dan musim ini, ditayangkan adaptasi anime buatan A-1 Pictures.

https://www.youtube.com/watch?v=56SceaGfnxc

Anime tersebut memang seru, tapi baru minggu ini mereka dapat perhatian ekstra, dengan ending alternatif sebagai penutup episode 3. Biasanya lagu ending anime itu adalah Sentimental Crisis yang dinyanyikan oleh halca, tapi untuk episode 3 yang menyanyikannya adalah karakter Fujiwara Chika yang disuarai Kohara Konomi, dengan lagu berjudul Chikatto Chika Chika.

Dan ending itu mendapatkan respon postif dari penonton, yang sepertinya akan jadi meme, karena visualnya yang begitu MOEEE. Menampilkan Fujiwara Chika menari dengan dansa yang menggemaskan, dan dengan animasi yang begitu licin mulusss.

https://youtu.be/dqUWn9Bc8Sc

Kualitas itu membuat beberapa netizen jadi membanding-bandingkan ending itu dengan anime studio Kyoto Animation, yang rutin memasukan dansa MOE dengan animasi berkualitas tinggi dalam opening atau ending mereka.

Dan ternyata, memang ending itu ada hubungan dengan KyoAni. Setelah netizen menyelidiki, ditemukan kalau yang menangani animasi ending tersebut adalah mantan staff KyoAni, bernama Nakayama Naoki. Sasuga KyoAni, memang masternya dansa moe~