Adaptasi live-action dari animanga Rurouni Kenshin akhirnya kini benar-benar selesai, dengan kedua film dari duologi finalnya telah dirilis di bioskop Jepang. Dan terlihat kalau film tersebut benar-benar populer, dengan dikabarkan kalau minggu lalu duologi final film Kenshin menempati posisi teratas dalam list mingguan box office Jepang. Sesuatu yang extra membanggakan karena itu adalah yang pertama kalinya terjadi dalam box office Jepang.

Adaptasi live-action dari animanga Rurouni Kenshin dibuat dalam bentuk film, yang pertama dirilis pada bulan Mei 2012, dan kemudian dibuat sequel berjudul Kyoto Inferno berupa 2 film yang keduanya dirilis tahun 2014. Semua film tersebut disutradai oleh Otomo Keishi dan dibintangi oleh Satou Takeru sebagai sang protagonis, Himura Kenshin.

Setelah itu diumumkan kalau ada projek film finale, yang dirilis secara duologi juga seperti Kyoto Inferno yang awalnya direncanakan untuk tahun 2020 tapi jadi diundur karena pandemik coronavirus. Pada akhirnya kedua film itu jadi dirilis tahun ini tanggal 23 April dan 4 Juni.

Yang pertama berjudul The Final yang menceritakan kemunculan Yukishiro Enishi yang diperankan Mackenyu, adik tiri dari Kenshin. Yang kedua berjudul The Beginning yang menceritakan masa lalu Kenshin dengan pertemuannya dengan Yukishiro Tomoe, kakak Enishi yang kemudian dinikahi Kenshin, dan dibunuh olehnya.

Dan sekalian balik pada topik utama, minggu lalu film final Rurouni Kenshin The Beginning akhirnya dirilis di Jepang, dan dengan film sebelumnya, The Final, masih tayang juga. Dan seperti yang dikatakan diawal, kedua film tersebut jadi merajai posisi Top 2 box office Jepang mingguan, dengan The Beginning pada posisi 1 dan The Final pada posisi 2.

https://eiga.com/ranking/

Dikatakan kalau sebelum ini sudah ada beberapa film live-action Jepang berseri yang dirilis lebih dari satu dan sama-sama tayang di bioskop, seperti Gantz pada tahun 2011 atau Death Note pada tahun 2006, tapi Rurouni Kenshin final menjadi sesuatu yang spesial karena itu adalah pertama kalinya kedua film dari seri yang sama menempati posisi Top 2 di box office Jepang.

Sedikit pengingat kalau fans region Asia Tenggara juga akan dapat menonton film Rurouni Kenshin The Final minggu depan pada tanggal 18 Juni, dengan Netflix mengumumkan kalau mereka akan menayangkan film tersebut.