Kabar duka untuk dunia anime dan game dan seiyuu, karena baru-baru ini diumumkan wafatnya seorang pengisi suara, Mizutani Yuuko. Mizutani wafat diumurnya yang ke 51 tahun pada tanggal 17 Mei lalu. Kematiannya disebabkan oleh kanker payudara.

YukoMizutani - Copy

Mizutani Yuuko telah bekerja lumayan lama sebagai pengisi suara, dimana ia memulai debutnya sebagai Sarah Zabiarov dalam anime Mobile Suit Zeta Gundam. Setelah itu ia sering berperan dalam berbagai anime mecha lainnya, seperti Carris Nautilus dalam After War Gundam X, dan Serizawa Erika dalam Brave Command Dagwon. Tapi tentu ia tidak hanya berperan dalam anime mecha, ia juga berperan sebagai Luchs dalam Saber Marionette J, Tsukino Ikuko dalam Sailor Moon Crystal, dan Pinoko dalam semua anime Black Jack. Ia juga berperan dalam anime Chibi Maruko-chan sebagai kakak Maruko, Sakura Sakiko. DanĀ para pengisi suara dan staff anime yang lain juga menyampaikan duka cita mereka dalam website Chibi Maruko-chan.

Mizutani juga yang mengisi suara Takenouchi Sora dalam anime Digimon Adventure dan Digimon Adventure 02, walaupun ia tidak mengisi Sora dalam anime Digimon Tri. Tabah ya para fans Digimon.. Setelah Wada Kouji, sekarang Sora yang berpulang (T_T) Oke bukan karakternya but still…

sorasora

Untuk dunia game, Mizutani memerankan Militsa dalam game Tales of Rebirth, dan juga Sophia dalam game Langrisser III. Ia juga yang menjadi dubber Jepang untuk karakter Minnie Mouse, dalam game Kingdom Hearts, dan dalam film pendek Disney lainnya.

Melanjutkan peran dalam genre mecha sebelumnya, Mizutani juga mengisi suara Carris dalam kemunculannya dalam game Super Robot Wars. Selain itu, ia juga mengisi beberapa karakter original dalam franchise Super Robot Wars, dimana ia memerankan sampai empat karakter. Peran Super Robot Wars darinya yang paling dikenal adalah sebagai sang pilot sexy dan imut, Excellen Browning nee-sama. Selain itu ia juga memerankan Lemon Browning, Einst Alfimi, dan Justine Chafrois. Ini membuat perannya sebagai Excellen dalam game Super Robot Wars OG Moon Dweelers yang baru saja keluar menjadi peran terakhirnya dalam franchise Super Robot Wars.

Rest in Peace Nee-sama (T_T)