Minggu ini adalah hari yang bersejarah bagi fans Mecha, apalagi fans franchise Gundam. Karena pada tanggal 7 April 1979, anime Mobile Suit Gundam pertama ditayangkan di Jepang. Sehingga para fans Gundam bisa melihat tanggal tersebut sebagai hari lahir franchise Gundam. Akan tetapi, pada hari itu juga sesuatu yang tragis terjadi. Hari itu, Composer Gundam pertama meninggal dunia.

Sesuatu yang ironis sekali. Disaat para fans dan industri bisa senang dan bangga, malah sesuatu yang tragis seperti itu terjadi. Anime Mobile Suit Gundam pertama buatan Tomino Yoshiyuki adalah salah satu anime paling berkesan dalam sejarah Anime.

Seri tersebut berhasil membuat genre anime baru, Real Robot Genre. Dan seperti yang telah dilihat oleh para otaku sepanjang masa, franchise Gundam masih sukses dan lanjut sampai sekarang. Dengan seri Gundam terbaru, Iron Blooded Orphans, baru belum lama ini tamat.

Composer dari anime Gundam pertama tersebut adalah Matsuyama Yuushi. Ia adalah seorang komposer musik berpengalaman yang telah terlibat dalam berbagai acara TV, movie, hingga iklan. Tapi kontribusinya dalam franchise Gundam adalah menangani musik dan mengkomposisi lagu tema Mobile Suit Gundam ditahun 1979. Mulai dari lagu Opening, Ending, dan juga Insert song.

Setelah itu ia tak terlibat dalam seri anime Gundam lain. Bahkan dalam seri Zeta Gundam dan Gundam ZZ yang merupakan sequel langsung dari anime Gundam pertama.

Tapi kalau dalam adaptasi lain anime Gundam pertama, ia kadang kembali terlibat untuk menangani bagian musiknya. Seperti dalam Mobile Suit Gundam: The Movie Trilogy. Dan yang terbaru, mengkomposisi beberapa insert song dalam Gundam: the Origin.

Mengenai kematiannya, Matsuyama Yuushi tewas karena kebakaran yang terjadi dirumahnya. Kebakaran tersebut terjadi pada jam 4:30 pagi tanggal 7 April. Ia berhasil dikeluarkan dari rumahnya, tapi pada akhirnya, ia tewas dirumah sakit karena luka bakarnya terlalu parah. Ia meninggal diumurnya yang ke-79 tahun.

Trivia yang tragis. Tahun 1979 anime Gundam pertama lahir, tapi 38 tahun setelah itu, komposer anime Gundam pertama ini meninggal dihari yang sama diumurnya yang ke-79 🙁 Istirahatlah yang tenang Matsuyama Sensei. Terima kasih karena anda telah membuat lagu yang patut dikenang para fans mecha dan anime.

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here