Dengan semakin banyaknya VR simulasi pilot Mecha dan bahkan patung Gundam skala 1:1, tak heran kalau Jepang terkenal akan mecha dan robot. Tapi dengan mendunianya genre sci-fi, mecha bukanlah sesuatu yang eksklusif di Jepang. Negara barat seperti Amerika juga terkenal akan mecha dan robotnya. Tapi apakah mereka bisa menandingi Jepang? Nah kita akan melihat jawabannya, karena pertarungan Robot USA VS JPN dilaksanakan minggu depan.

Pertarungan atau kompetisi antar robot memang ada banyak. Di negara China juga ada kompetisi semacam itu untuk level antar pelajar muda. Bahkan mereka sedang bekerja sama dengan Jepang untuk membuat anime akan kompetisi robot tersebut.

robot usa

Tapi pertarungan robot USA vs JPN ini dalam level yang berbeda. Robot yang dipakai untuk pertarungan ini bukanlah robot kecil sebesar setengah atau seperempat manusia. Tapi Mecha raksasa yang lebih besar dari mobil. Dan ini akan menjadi Battle to the Death.

Pertarungan ini telah lumayan di-Hype sejak lama. Yang bermula saat grup MegaBots di Amerika menantang robot Jepang bernama Kuratas buatan Suidobashi Heavy Industry. Dan Suidobashi menjawab tantangan mereka.

MegaBots sendiri mempersiapkan robot mereka untuk bertarung melawan robot Kuratas milik Suidobashi. Mereka mengumpulkan biaya melalui Kickstarter campaign, yang sukses terkumpul tahun 2015 lalu.

Mereka kemudian membangun robot mereka dengan bantuan berbagai nama besar dunia teknik, pengetahuan, dan sci-fi. Mulai dari BattleBots, Mythbuster, bahkan sampai NASA! Dan akhirnya, mereka selesai mempersiapkan lawan tanding Kuratas, dengan Eagle Prime.

Matt Oehrlein dan Gui Cavalvanti, pendiri MegaBots, berharap akan adanya liga pertarungan antar robot raksasa semacam ini. Dan sepertinya hal semacam itu ada kemungkinan terwujud.

Karena diumumkan kalau sekarang, negara China juga sedang bersiap dan membangun robot raksasa mereka sendiri. Sepertinya China ingin menaikkan level mereka lagi setelah kompetisi robot antar pelajar.

Grup dari China dengan nama GREATMETAL sedang membangun robot raksasa mereka yang diharapkan bisa mendapat kesempatan untuk bertarung melawan pemenang dari pertarungan Kuratas VS Eagle Prime, jika robot mereka ini siap pada waktunya.

Dan telah diperlihatkan juga video robot raksasa negara China, yang pembangunannya dipimpin Sun Shiqian. Robot berbentuk monyet/gorilla yang bersenjatakan tongkat. Dan sesuai dengan bentuk dan senjatanya, nama untuk robot itu adalah Monkey King, berdasarkan tokoh literatur kuno yang mungkin mina-san kenal dengan nama Sun Gokong dan Son Goku.

Tapi balik ke Kuratas VS Eagle, pertarungan kedua robot itu akan diadakan pada tanggal 17 Oktober. Yang dihitung dari Countdown yang tertera pada website official pertarungan itu. Dan pertarungan ini akan ditayangkan juga melalui berbagai streaming website.

Keren sekali mina-san. Dunia mecha semakin jadi seperti Paficic Rim nih (semoga tanpa monster Kaiju). Kira-kira apakah negara Indonesia juga akan punya Mecha raksasa juga, dan bertarung melawan mereka-mereka ini?

Comments

Loading...