Pembuat komik Super Hero Amerika, Marvel, telah melakukan beberapa kerjasama dengan negara Jepang. Seperti adaptasi game Avengers oleh SquEnix, dan juga beberapa kolaborasi keren untuk menyambut movie MCU Avengers Infinity War. Terlihat kalau keduanya memiliki hubungan yang cukup baik. Akan tetapi yang namanya hidup, bisa saja muncul kabar yang tak bagus, seperti kabar kalau artist Dragon Ball plagiat komik Marvel.

Saat kita membicarakan Dragon Ball, kemungkinan besar langsung muncul nama Toriyama Akira sensei. Akan tetapi untungnya, yang melakukan hal ini bukanlah dia, melainkan artist untuk seri Dragon Ball Super bernama Toyotarou.

Ini bermula dengan gambar karakter Son Goku dalam form Super Saiyan Blue, yang muncul pada cover majalah manga V Jump, sedang berhadap-hadapan dengan karakter protagonis JUMP lain, Sakaki Yuya dari seri Yu-Gi-Oh Arc-V. Gambar cover yang juga di-post oleh Toyotarou melalui instagram miliknya.

Cover tersebut memang terlihat keren, tapi ada juga yang merasa aneh melihatnya. Karena ada yang merasa pernah melihat pose dan sudut pandang tersebut, pada gambar Captain America dalam salah satu komik Marvel.

Ini semakin mencurigakan lagi, ketika ada user Twitter lain yang mulai membagikan tweet berupa perbandingan gambar dragon ball plagiat Marvel (kedua karakter) tersebut secara bersebelahan, dan melihat kalau keduanya tak hanya mirip, tapi identik.

Dan ada user lain yang menggabungkan dan menindih kedua gambar tersebut, yang semakin memperkuat pendapat orang-orang kalau ini adalah plagiat dalam bentuk Tracing. Dengan Goku dan Captain America benar-benar melakukan bentuk pose dan sudut pandang yang sama.

Ini menjadi sesuatu yang mengejutkan para fans, baik diluar dan juga di Jepang. Akan tetapi ada respon yang unik, yang diberikan oleh Dexter Soy. Ia adalah artist Marvel, dan juga yang menggambar komik Captain America tersebut. Dan reaksinya saat tahu hal ini… bukanlah marah atau sedih atau kecewa.

Ia mengatakan kalau ia merasa setengah bingung, dan setengah lagi merasa.. Terpuji! Kenapa? Karena ia sendiri memiliki pengalaman menggambar dengan memakai kartu Dragon Ball sebagai bahan referensi (tapi bukan tracing) saat ia masih kecil, dan sekarang ia menemukan artist seri Dragon Ball malah tracing gambar buatannya. Kejadian ini jadi terasa aneh menurutnya.

https://twitter.com/dextersoy/status/998964778755211265