Kita makin mendekati hari MERDEKA 17an. Di berbagai tempat sudah ada festival makanan tradisional yang lezat. Ini sempat dilakukan juga loh di Jepang tahun lalu. Tapi kemarin ini di Jepang ada festival sendiri yang “lezat” juga bagi fans anime manga game, event Comiket ke-92, dimana fans saling jual beli doujinshi seri favorit mereka. Tak terbayangkan jumlahnya ya. Tapi mungkin ada yang bertanya, apa seri anime/game dengan doujinshi terbanyak di Comiket 92?

Memang sekarang ini Comiket tak hanya melakukan jual beli karya antar fans. Beberapa perusahaan juga memakainya untuk menjual produk anime official. Termasuk yang sexy-sexy juga. Tapi memang, umumnya sorotan utama event ini adalah karya buatan fans, mulai dari Doujin game sampai Doujinshi alias manga/komik indie.

doujinshi terbanyak

Dan sebagai negara dimana ratusan Anime dan Game ditonton, dimainkan, dan dibuat, tentu ada banyak sekali doujinshi dalam event ini. Dan sekarang akan kita lihat melalui data yang didapat, seri anime atau game apakah yang paling populer dijadikan bahan Doujinshi terbanyak oleh para Doujin Circle yang berpartisipasi dalam Comiket ke-92.

Data ini dibuat dalam bentuk grafik, dan total masuk 21 seri anime/game didalamnya. warna-warna garis dalam grafik itu ada kodenya. Warna abu-abu digaris bagian bawah adalah jumlah circle doujinshi seri tersebut dalam Comiket sebelumnya.

Garis diatas dan angkanya menunjukkan jumlah circle doujinshi itu dalam Comiket ini dan warnanya menunjukkan kepopuleran seri tersebut lebih dominan pada gender apa. Warna biru menunjukkan pria, merah menunjukkan wanita, dan ungu menunjukkan seri tersebut populer disemua gender.

Kita buka dengan List dari ranking 21-11. Doujinshi seri-seri disini terlihat dominan populer dikalangan wanita, kecuali Vocaloid yang populer untuk pria dan wanita. Jumlahnya juga semua mengalami pengurangan dibandingkan dalam event Comiket ke-91.

  • 21 – Boku no Hero Academia
  • 20 – Kekkai Sensen
  • 19 – Hetalia
  • 18 – World Trigger
  • 17 – Yowamushi Pedal
  • 16 – Ensemble Stars
  • 15 – Shingeki no Kyojin
  • 14 – Kuroko no Basket
  • 13 – TIGER & BUNNY
  • 12 – VOCALOID
  • 11 – Osomatsu-san

Daaan kita memasuki bagian Top 10. Disini mulai nampak doujinshi terbanyak yang populer dikalangan pria. Lets cekidot~

 

 

10 – Haikyuu

Sebagai seri Sport dengan banyaknya remaja pria yang berkeringat bersemangat berolahraga, seri ini populer dikalangan wanita. Jumlah karakter tersebut sepertinya juga yang membuat banyaknya jumlah doujinshi untuk seri ini. Walau animenya selesai tayang, manga-nya masih lanjut di Shonen JUMP, menyemangati pembaca dengan kualitas gambarnya.

 

 

9 – Granblue Fantasy

Berasal dari mobile game buatan Square Enix yang juga memiliki adaptasi anime. Game ini telah menjadi salah satu mobile game terpopuler di Jepang, wajar saja kalau banyak yang membuat doujinshi akan seri ini. Walau ada banyak karakter pria dan wanita, seri ini lebih dominan populer diantara pria. Mungkin karena memang desain para karakter wanitanya yang keren penuh fantasi.

 

 

8 – Girls und Panzer

Girls und Panzer

Kemudian seri anime gadis Moe naik Tank. Mungkin mirip dengan Haikyuu, kemungkinan banyaknya jumlah doujinshi bisa dikarenakan banyaknya karakter karena ceritanya bisa dikategorikan Sport, jadi ada banyak karakter dari beragam Tim. Dan mungkin karena tahun ini dimulai arc penutup kisah animenya melalui seri Movie, seri ini jadi salah dua di list ini yang jumlah doujinshi-nya justru meningkat dibanding Comiket sebelumnya.

 

 

7 – Yuri on ICE

Seri Dingin yang berhasil Memanasskan hati para wanita dengan kisah yang menyentuh hati antara dua pria, yang didampingi dengan animasi penuh seni yang anggun oleh studio MAPPA. Umur animenya masih belum lama, jadi tak ada doujinshi-nya dalam Comiket sebelumnya. Tapi walau baru, kepopulerannya yang besar membuat seri ini melesat masuk Top 10. Wah benar-benar Born To Make History nih anime 😀

 

 

6 – Love Live

Salah satu franchise Idol yang paling terkenal, jadi wajar kalau banyak sekali doujinshi-nya. Belum lagi, mirip Girl und Panzer, ada banyaak sekali karakter gadis muda yang moe moe desainnya, dengan karakteristik dan sikapnya sendiri-sendiri, dan ada banyak sekali desain seragam idol-nya yang penuh warna. Memberikan banyak pilihan lagi bagi fans, dan juga pembuat doujinshi.

 

 

5 – Fate Series

Tahun 2017 ini seperti tahun berjaya bagi seri Fate, dengan banyaknya hal penting terjadi. Mulai dari berbagai anime baru sampai perilisan game Grand Order di barat. Mungkin karena itu juga seri ini tampil paling mengejutkan di list ini walau bukan diposisi nomer 1. Tak hanya seri ini populer untuk pria dan juga wanita, tapi jumlah circle doujinshi-nya mengalami peningkatan DRASTIS dibanding sebelumnya, hampir 2x lipat lebih banyak, membuatnya melesat jadi Top 5.

 

 

4 – Touken Ranbu

Seri pedang-pedangan tampan ini menusuk hati para wanita dan melesat di ranking 4. Dan kita tentu sudah tahu seberapa dalam semangat para fans seri ini. Sekali lagi, ini bisa juga karena jumlah karakternya yang banyak dengan berbagai desain yang keren. Apalagi anime buatan ufotable juga sedang tayang setelah ditunggu hangat oleh para fans di Jepang, memberikan animasi dan grafik yang begitu indah tuk ditonton, mendampingi para karakter keren yang indah dipandang.

 

 

3 – IdolM@ster

Mungkin bisa dibilang saingan berat untuk seri Love Live. Tapi sepertinya dalam hal Master dari Doujinshi terbanyak, seri ini menang dengan jumlahnya yang memasuki Top 3 di list ini. Wajar sih karena dari segi umur, IdolM@ster dirilis duluan. Belum lagi sekarang game-game-nya juga terus memberikan berbagai karakter-karakter baru walau animenya lagi tak tayang, memberikan banyak sekali pilihan karakter Idol Moe.

 

 

2 – Touhou Project

Salah satu seri penguasa lama Comiket. Seri game yang satu ini memang unik. Walau game ini tak ada anime official, tapi dengan kekuatan fans dan beragam variasi fanwork yang luar biasa banyak dan kreatif, membuat seri ini jadi salah satu yang paling dikenal di Jepang dan internet. Tak hanya cosplay dan fanart, tapi juga musik sampai game sampai anime indie (sampai virus malah), dan tentu, Doujinshi. Tapi sekarang seri veteran ini dikalahkan jadi rank 2 oleh rival berat mereka…

 

 

1 – Kantai Collection

Posisi pertama doujinshi terbanyak, diraih oleh game Kancolle, lagi. Walau jumlahnya mengalami penurunan dibanding Comiket sebelumnya, tetap saja seri ini masuk rank 1, menjadi satu-satunya dalam list ini yang jumlah doujinshi-nya menembus angka 2000! Sebelumnya malah menembus 2500. Walau animenya dan movienya sudah selesai tayang, game-nya masih lanjut, bahkan menambahkan karakter baru lagi. Belum lagi player dapat menikahi karakter pilihan mereka juga di game, bisa memuaskan cinta fans karakter tersebut. Membuat game kapal ini berlayar kuat dilautan internet dan doujinshi.