Sebagai negara dimana animanga dibuat, bisa ada berbagai orang-orang yang bisa jadi fans animanga atau gamer. Tak hanya macam bintang film atau olahragawan, tapi bisa juga politikus. Contohnya saat Walikota Nagoya dan Gubernur Aichi melakukan cosplay untuk menyambut event World Cosplay Summit 2018. Kali ini ada yang lain lagi, dengan seorang politikus Tokyo yang akan jual Doujinshi Comiket buatannya.

Dan ia adalah Ogino Minoru, dan ia tak hanya otaku, tapi memang adalah seorang anggota parlemen dari Ota-Ku, atau Distrik Ota, sejak tahun 2015. Dan mungkin bisa dibilang salah satu otaku terbuka yang sukses di Jepang, melihat bagaimana ia tetap bisa terbuka dan jujur akan hobi animanga walau pada posisi pekerjaannya.

Ia juga suka memakai manga sebagai bagian campaign politik, jadi tak begitu mengherankan kalau ia bisa berjualan doujinshi. Dan yang keren lagi, ini bukan pertama kalinya. Dikatakan kalau ini adalah yang keempat kalinya Ogino datang ke Comiket sebagai penjual!

Dan doujinshi yang dijualnya kali ini dalam event Comiket 94 yang diadakan besok, memang adalah kelanjutan dari doujinshi yang sudah dijualnya sebelumnya. Doujinshi barunya ini berjudul Chihou Giin no Jijou Hon Volume 2 yang berarti Buku Keadaan Anggota Parlemen Daerah.

Dan seperti doujinshi umum, buku ini memakai karakter seri terkenal, yang kemungkinan mina-san lumayan kenal. Serinya adalah salah satu veteran dunia Comiket, Touhou Project, dan karakternya adalah Fujiwara no Mokou.

Tapi yang lumayan unik adalah doujinshi ini bukanlah hentai doujinshi, alias safe for works. Mengisahkan karakter tersebut menemukan bagaimana sistem kerja pemerintahan dan pemilu di Jepang dijaman modern ini.

Tapi mengingat pekerjaannya yang lumayan sibuk, agak sulit baginya untuk full time membuat doujinshi ini. Jadi ia bekerja sama dengan mangaka lain untuk membantunya, sementara Ogino sendiri yang menangani penulisan cerita dan naskahnya dan juga layout.

Dikatakan kalau dalam C94 ini Ogino menjual doujinshi tersebut seharga 600 Yen dan juga mencetak ulang buku Volume 1-nya. Tapi yang tak bisa pergi ke Comiket, buku tersebut juga dijual secara online dalam website Tora no Ana dan Melon Books seharga 800 Yen.

Rasanya event Comiket 94 ini memiliki penjual manga dengan background yang unik-unik ya mina-san. Setelah ada seiyuu veteran Seki Tomokazu jualan doujinshi untuk pertama kalinya, ada Pak Ogino juga nih yang tampil kembali.

Comments