Negara Jepang terkenal memproduksi berbagai barang canggih dan menarik, dan seringnya itu juga termasuk pada mainan anak-anak. Dan contoh yang baru akan hal itu adalah mainan buatan Takara Tomy berdasarkan salah satu robot terkenal dalam dunia animanga, Doraemo~~~N! 😀 dengan Doraemon toy ini tak hanya bagaikan robot canggih betulan, tapi juga bisa mendidik anak-anak untuk belajar programming dari bermain.

Produk tersebut dibuat oleh Takara Tomy yang bernama Doraemon With U. Mainan tersebut memiliki bentuk yang sederhana, berupa Doraemon yang tersenyum lebar pada posisi duduk. Akan tetapi dibalik kesederhanaan bentuknya, mainan Doraemon ini memiliki berbagai fitur kompleks.

Sesuai dengan namanya, konsep dari mainan itu adalah Doraemon yang bisa dibawa pulang dan bermain bersamamu. Doraemon ini dapat diajak berbicara dan memberikan respon. Fitur itu membuatnya mirip dengan produk smart speaker CLOVA Doraemon, tapi ada perbedaannya juga, karena bentuknya ini lebih padat, jadi terasa lebih “hidup” lagi.

Ini membuat respon yang diberikannya juga bisa secara fisik, seperti melambaikan tangannya, atau memutar badannya, dan matanya juga bisa beragam ekspresi. Ia juga memiliki kemampuan berbicara sampai 1.500 kata bahasa Jepang, dan merespon kata atau kalimat tertentu, dan polanya juga bisa berubah tergantung waktu, seperti bilang selamat pagi pada pagi hari.

Dan tak hanya itu, dikatakan juga kalau kemampuan berbicaranya bisa diberikan Power Up dalam bentuk kartu yang bisa dipasangkan pada kantong ajaib mainan Doraemon tersebut. Setiap pembelian mainan Doraemon itu akan memberikan satu deck kartu tersebut, dan kartu itulah yang dapat membantu mendidik anak-anak dalam hal basic programming,

Karena mereka dapat menyusun kartu-kartu tersebut untuk merangkai kata yang bisa dikatakan oleh Doraemon dan situasi kapan saatnya respon itu dikatakan. Dan dikatakan kalau kartu itu juga bisa dipakai untuk melakukan permainan lain seperti kuis atau bahkan meniru suara.

Mainan kece ini dikatakan akan dirilis pada bulan Juni 2020 ini pada berbagai toko-toko mainan di penjuru Jepang, dan dijual dengan harga sebesar 19.800 Yen atau sekitar 2.8 juta Rupiah. Mahal memang, tapi agak wajar dengan fiturnya yang memang menarik.