Siapa yang tidak tau anime terkenal Doraemon, terkenal akan cerita lucu nya dan sudah lama menghibur anak-anak di indonesia ya mina-san, anime karangan Fujiko F. Fujio ini akan selalu menjadi tontonan yang asyik di nikmati sampai kapanpun.

Doraemon

Dalam acara  “JUNK Bakushou Mondai Cowboy”   yang ditayangkan pada tanggal 1 Maret lalu di Jepang, mereka membicarakan mengenai kenapa acara Doraemon bisa dilarang tayang di Perancis. Contohnya anima Crayon Shin-chan dilarang tayang juga, ya karna si Shin-chan ini kelakuan nya kaya orang dewasa dan suka berbicara lancang tidak sopan dan tidak pantas di tonton anak-anak, apakah Doraemon masih layak menjadi tontonan buat anak-anak ?

doraemon1

Mereka berbincang-bincang dengan Hitonari Tsuji, seorang penulis, komposer, dan sutradara film Jepang yang pindah ke Perancis pada tahun 2003. Dalam pembicaraannya, salah satunya adalah  larangan untuk tayang nya Doraemon di Perancis. Tsuji berkata, “Doraemon dilarang tayang di Perancis. Menurut departemen pendidikan, kalau anak-anak menonton Doraemon, mereka tidak akan bisa menjadi dewasa dan mandiri.” begitu katanya. Tsuji juga mengekspresikan kekecewaannya selama berada di Perancis, karena itu hanya Youtube lah yang menjadi teman baiknya saat tinggal di francis. Nyatanya, anak-anak muda di Perancis masih suka dengan film anime, Tsuji juga mengatakan kalau mereka juga suka dengan jepang.

doraemon3

Salah satu masalah nya di anime Doraemon ini karna nobita tidak mandiri dan bila sedang mengalami kesulitan selalu minta tolong ke Doraemon. “Kalau anak-anak sedang ada masalah, mereka akan selalu meminta kepada Doraemon, dan akan terus dibantu,” lanjut Tsuji. Hal ini menandakan kalau mereka tidak ingin anak-anak untuk selalu bergantung kepada seseorang agar nantinya bisa jadi mandiri.

doraemon2

Kalau kita melihat Anime Doraemon dari awal sampai akhir.  Intinya doraemon menolong nobita agar kelak dia bisa mandiri.  Dan Doraemon pun tidak ingin anak-anak selalu meminta pertolongan pada nya. Namun Tsuji juga menegaskan kalau ternyata di balik tema membawa mimpi tersebut, ada banyak cerita yang positif dan pelajaran buat anak-anak nya juga. bagaimana menurut mina-san tentang anime Doraemon ini?  ?