Content provided by Keepo. Internet, sebuah teknologi yang mengubah kehidupan manusia, tapi sadar nggak sih gimana cara kerja internet sebenarnya? Internet memiliki sebuah layanan DNS (Domain Name System) yang tugasnya adalah menerjemahkan nama domain situs web yang kalian kunjungi, misalnya keepo.me menjadi alamat IP sehingga kalian bisa mengaksesnya dengan lebih cepat.

Editor’s Picks:

Secara nggak langsung, DNS adalah sebuah buku besar yang menyimpan IP website yang ada di internet sehingga browser bisa mendapatkan informasi website yang kalian kunjungi dengan lebih cepat.

Nah, sebenarnya sekarang ini sudah ada beberapa layanan DNS lainnya semisal milik Google dan juga OpenDNS, namun Cloudflare menyatakan kalo layanan DNS mereka yang baru ini diklaim lebih cepat bila dibandingkan dengan kompetitiornya, sebut saja perbandingan respone time yang hanya 14 milidetik saja, bila dibandingkan dengan OpenDNS (20 milidetik) dan Google (34 milidetik).

Selain menawarkan kecepatan yang luar biasa, hal keren yang bisa kalian dapatkan dengan menggunakan milik Cloudflare ini adalah seriusnya mereka untuk menekankan aspek keamanan data dan juga privasi para penggunanya, dan mereka sendiri juga berjanji akan menghapus semua log yang kita akses setiap 24 jam sekali. Jadi, Cloudflare sendiri nggak akan menggunakan dan mempelajari para perilaku penggunanya, dan tidak menyimpan history browsing kalian.

Terus, gimana dong cara menggunakan layanan yang satu ini? Ternyata mudah kok! Cukup kunjungi website resmi mereka di https://1.1.1.1, di sana akan ada petunjuk langsung bagaimana melakukan setting pada smartphone, tablet dan juga komputer kalian dan bisa dinikmati gratis!