Saat ini rasanya sudah sangat banyak yang tahu akan karakter Hatsune Miku. Berawal sebagai maskot dan software Vocaloid pertama, dan seiring dengan semakin besar popularitasnya ia juga semakin beragam bentuknya. Tapi baru-baru ini dikabarkan ia akan memiliki bentuk baru yang menarik lagi, dimana ia akan dikembangkan dengan cerita dalam berbagai projek, dan salah satunya adalah sebagai anime.

Hatsune Miku memang telah muncul dalam anime sebelum ini, dengan ia menjadi karakter dalam seri anime Shinkansen Henkei Shinkalion Z beberapa waktu lalu sebagai pilot dari mecha Shinkalion H5 Hayabusa, yang menariknya diperankan oleh seiyuu yang suaranya dijadikan model untuk Vocaloid Hatsune Miku, Fujita Saki.

Tapi untuk kabar yang kali ini berbeda lagi levelnya dengan peran Miku tersebut, yang merupakan karakter pendukung dan lebih sebagai karakter guest. Karena untuk projek anime yang kali ini, Hatsune Miku terasa benar-benar yang jadi fokus utama dan protagonisnya.

Crypton Future Media perusahaan yang mengembangkan software Vocaloid Hatsune Miku atas dukungan Yamaha, baru-baru ini memberikan pengumuman kalau mereka sedang ikut mengembangkan seri original anime akan karakter tersebut.

Tapi yang hebat adalah tak hanya itu, karena dikatakan kalau selain Crypton Future Media, projek ini  juga melibatkan dua perusahaan luar Jepang. Yaitu perusahaan komik dan animasi Graphic India, dan lisensi brand CWA. Dengan Sharad Devarajan CEO dari Graphic India dan Carlin West CEO dari CWA menjadi executive producer bersama Itou Hiroyuki CEO dari Crypton Future Media.

Pihak Crypton Future Media mengatakan kalau mereka telah menemukan cara yang unik untuk membuat seri animasi yang cocok dengan inti dari Miku yang merupakan wadah kreativitas bagi fans, dan mereka sedang mengembangkan cerita yang modern dan menyenangkan dengan tampilan baru dari karakter Hatsune Miku yang akan menggema pada para fans.

Dikatakan kalau projek tersebut akan memasuki kisah dari “MikuVerse” yang akan menggabungkan animasi, musik, dan juga live-action. Dan hebatnya lagi adalah selain anime, sedang direncanakan juga seri webtoon dan komik.