Franchise Gundam memang sedang sibuk dengan berbagai projek, dari film live-action adaptasi Hollywood sampai game MMO FPS Gundam Evolution. Tapi ternyata tak hanya itu projek yang mereka kerjakan, dengan baru-baru ini diberikan pengumuman seru berupa projek pembangunan live-size Gundam baru lagi, dan tak hanya itu saja karena diumumkan juga adanya tiga projek anime Gundam baru, yang semuanya untuk tahun 2022 nanti.

Kita mulai dari kabar patung Gundam live-size baru dulu, dimana diumumkan kalau patung Gundam raksasa baru ini akan didirikan di Jepang, spesifiknya pada Mitsui Shopping Park LaLaPort yang berlokasi pada Prefektur Fukuoka. Dan pembangunan Gundam tersebut dijadwalkan untuk selesai pada Spring 2022 nanti.

Untuk wujudnya, dikatakan kalau itu akan berupa Gundam yang setengah original, karena itu adalah desain baru dari Gundam lama, yaitu Gundam RX-93ffv yang berdasarkan Gundam RX-93 v atau Nu Gundam yang dipiloti Amuro dalam film Char’s Counterattack.

Dikatakan kalau patung itu akan menampilkan gimmick yang khas dari Gundam tersebut tapi tak diperjelas apa itu. Nu Gundam itu sendiri terkenal akan senjata Funnel yang dapat terbang-terbang, jadi mungkin saja berarti bagian Funnel patung Gundam itu dibuat bisa bergerak.

Lalu kita pindah pada pengumuman berbagai projek anime Gundam baru. Kita mulai dari yang jadwal tayangnya lebih jelas, dengan projek kompilasi spesial sepanjang 9 bagian dari anime Gundam Iron Blooded Orphans. Kompilasi itu dijadwalkan untuk dirilis pada Spring 2022 dalam periode yang sama dengan projek mobage spinoff dari seri Gundam tersebut.

Lalu yang berikutnya adalah projek film anime Mobile Suit Gundam Cucuruz Doan’s Island yang disutradai oleh mangaka Yasuhiko Yoshikazu dan dijadwalkan dirilis dalam tahun 2022. Kisahnya dikatakan merupakan penceritaan ulang dari episode 15 anime Gundam pertama.

Dan yang terakhir adalah projek anime Gundam yang benar-benar baru yang diberi judul Mobile Suit Gundam Witch From Mercury! Dikatakan kalau anime itu akan berupa seri TV yang tayang dalam tahun 2022, dan info lebih anime tersebut akan diberikan lagi nanti.