Seri Gundam memberi berbagai kabar besar belakangan ini. Dari perkembangan projek film Hollywood, selesai dibangunnya patung Gundam raksasa baru diluar Jepang, dan kali ini ada lagi sebuah projek game yang menarik. Yaitu sebuah game dengan judul Gundam Evolution, yang dikatakan merupakan game online First Person Shooting Team Battle dengan player jadi pilot beragam mecha dari franchise Gundam.

Game dari seri Gundam memang sudah lumayan banyak pada berbagai genre dan console. Tapi ini kabar yang menarik karena Evolution merupakan projek game FPS yang online untuk PC yang tak hanya untuk negara Jepang tapi sejak awal dikatakan oleh Bandai Namco akan diluncurkan pada berbagai negara dan region yang dijadwalkan untuk tahun 2022, menjadikannya judul game yang internasional sejak awal.

Walau memang untuk bagian testing pertama dari game tersebut akan dilakukan di negara Jepang saja, dengan closed-beta test dijadwalkan untuk tanggal 8-9 Agustus nanti dan saat ini sedang dibuka pendaftaran untuk 5.000 orang.

Bandai Namco mengatakan game tersebut akan tersedia untuk Microsoft Window 10 dan juga… gratis! Tapi yaa tentu tidak sepenuhnya, karena tetap perlu bayar uang untuk beli item. Gameplay dari Gundam Evolution adalah team battle sebanyak 6 vs 6 dimana player jadi pilot berbagai mecha dalam franchise Gundam dimana masing-masing mecha memiliki ability tersendiri.

Saat ini yang baru dikonfirmasikan playable ada 12 mecha, yang agak ironis walau namanya Gundam Evolution, hanya ada tiga Gundam yang baru dikonfirmasikan, dan sisanya adalah berbagai mecha non-Gundam, walau tak kalah ikonik. Sang original Gundam RX-78 pastinya playable, dan ada juga Turn A Gundam, dan yang termuda adalah Gundam Barbatos dari Iron Blooded Orphans.

Lalu ada juga tiga mobile suit ikonik dari Gundam pertama, GunTank dan Zaku II, dan juga Sazabi mobile suit yang dipiloti Char Aznable dalam pertempuran finalnya dengan Amuro. Selain itu ada GM, GM Sniper II, DOM Trooper, Pale Rider, Methuss, Asshimar.

Bandai Namco juga telah mengadakan acara livestream pada channel Youtuber mereka yang mengundang bebagai nama populer seperti pro cosplayer Iori Moe dan aktor Jepang Hollywood Kosugi Kane untuk mempertunjukkan gameplay game itu lebih jauh lagi.