Akhir minggu lalu patung raksasa Freedom Gundam yang dibangun di Shanghai diresmikan. Tentunya hal tersebut dirayakan, dengan ditampilkan segmen anime Gundam SEED spesial yang dibuat oleh Fukuda Mitsuo sang sutradara anime Gundam tersebut. Tapi ternyata disitu diberikan berbagai pengumuman seru juga, yaitu dengan pengumuman adanya projek baru berupa game, manga, dan film anime Gundam SEED baru.

Mobile Suit Gundam SEED adalah seri anime Gundam yang tayang tahun 2002-2003. Bagi fans yang ingin menonton anime tersebut, channel Youtube Gundam Info saat ini masih menayangkan versi HD Remastered dari anime tersebut, dan juga seri sequelnya, Gundam SEED Destiny, dengan pilihan sub bahasa Inggris, Korea, dan China.

Dan sekalian balik pada topik utama, kemarin-kemarin channel Youtube Gundam Info juga telah merilis video dari streaming event peresmian Freedom Gundam Shanghai pada tanggal 28 Mei. Dan dalam event tersebut diberikan tiga pengumuman spesial sebagai bagian dari Gundam SEED Project Ignited, perayaan anniversary 20 tahun anime Gundam SEED tahun depan.

Ada konfirmasi akan projek game Gundam SEED baru tapi baru itu saja info yang diberikan pada projek tersebut dengan detail lain dikatakan akan diberikan lagi nantinya. Dan yang lebih jelas adalah projek manga side story berjudul Gundam SEED Eclipse.

Manga tersebut ditulis oleh SOW author dari light novel Combat Baker dengan ilustrasi yang digambarkan oleh animator Soga Atsushi dan mecha yang didesain Akutsu Junichi. Manga tersebut dijadwalkan untuk dirilis di Jepang dan juga luar dalam bulan Juli nanti.

Manga itu memiliki tiga karakter utama, pilot Houri Tatsumi, komandan Miyabi Oto Kio, dan seorang coordinator bernama Ken Norland, dan menampilkan mecha Gundam baru, MVF-X08 Eclipse, yang diumumkan akan dirilis modelnya berkualitas Master Grade pada bulan Agustus.

Dan sebagai penutup adalah pengumuman film anime Gundam SEED baru, yang tak diberi banyak info tadinya, tapi kemarin Fukuda Mitsuo telah mengkonfirmasikan melalui Twitter miliknya kalau itu adalah film sequel dari seri sequel Mobile Suit Gundam SEED Destiny.

Ceritanya berdasarkan buatan dari Morosawa Chiaki, istri Fukuda dan juga produser dari anime Gundam SEED dan Destiny, yang meninggal pada tahun 2016 lalu karena sakit Aortic Dissection alias sobekan pembuluh darah pada hati.

Fukuda mengatakan sang istri tak puas dengan ceritanya sampai ia menulis 100 kali bahkan saat sakit. Kini setelah ia meninggal, berkat bantuan kontributor lain dan Fukuda sendiri, naskah tersebut telah selesai dan siap dibuat jadi anime.