Nintendo memang sudah nama yang melekat dalam hati para gamer, apalagi mereka dari generasi tahun 80-90an. Untuk memberikan rasa nostalgia pada fans tersebut, tahun 2016 lalu Nintendo merilis konsol klasik mereka menjadi versi mini; Nintendo Entertainment System (NES) dan Famicom. Tentu fans generasi lama jadi heboh dan happy akan hal ini. Tapi baru-baru ini, ditemukan sebuah pesan tersembunyi dalam konsol mini Famicom.
Pesan apakah itu?

Menyelidik dan menggali dalam-dalam isi data game atau program konsol memang bukan hal yang baru untuk para fans. Berbagai data dan info tersembunyi dapat ditemukan dan dipakai sebagai topik pembicaraan untuk dibagi kepada sesama fans. Dan terkadang fans juga bisa menemukan sesuatu yang menarik yang tersembunyi seperti pesan ini.

Berbeda dengan konsol mini NES yang dirilis secara internasional, konsol mini Famicom hanya dirilis di Jepang. Sampai sold out malah pre-ordernya di Jepang sana. Tapi saat fans bernama akun Twitter Bakueikozo menggali kedalam kode data konsol Famicom tersebut, ia menemukan pesan yang tertulis dalam bahasa Inggris.

“Ini Hanafuda Captain berbicara. Meluncurkan Emulasi dalam 3..2..1. Banyak usaha, air mata, dan waktu yang dituangkan dalam permata ini. Jadi tolong biarkan tempat ini rapi dan jangan merusak apapun! Mari bersulang, Hanafuda Captain”

Apa maksud pesan itu? Mungkin maksudnya adalah untuk jangan mengutak-atik program Famicom tersebut untuk menghargai jerih payah para developer. Seperti yang dibilang, “biarkan tempat ini rapi dan jangan merusak apapun!”. Tapi pertanyaan lain lagi, siapakah kapten Hanafuda?

Baca Juga: Nintendo Rilis Game Pokemon Sun dan Pokemon Moon Bersamaan?

Untuk menjawabnya kita perlu menelusuri sejarah Nintendo. Mungkin ada beberapa yang tidak tahu, tapi sebenarnya Nintendo adalah perusahaan yang sudah berumur sangat panjang. Mereka mulai masuk industri video game dari tahun 1970an, tapi sebenarnya Nintendo telah ada bahkan sebelum Indonesia Merdeka dan Perang Dunia 1 dan 2 loh.

Perusahaan Nintendo didirikan oleh Yamauchi Fusajirou dari September 1889, itu berarti mereka sudah berumur 127 tahun! Dan usaha bisnis mereka yang pertama, adalah memproduksi permainan kartu Jepang, kartu Hanafuda, permainan favorit Yamauchi. Dari sinilah referensi Kapten Hanafuda dalam pesan tersebut.

Nintendo sendiri juga tak melupakan akar perusahaan mereka. Contohnya pada tahun 2007 lalu. Nintendo membuat set kartu Hanafuda bertema Mario sebagai hadiah member Club Nintendo yang telah meraih 400 point.

Wah trivia yang unik ya 😉 semoga artikel ini menambah pengetahuan seputar game untuk para Akiba-kei dan Akiba-chan 😀

Comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here