Ditemukan Anime Fujiko Fujio A yang Hilang

0
105

Kabar duka bagi fans Doraemon dengan salah satu creator dari seri animanga kucing biru legendaris itu, Fujiko Fujio A, telah menghembuskan nafas akhirnya bulan lalu, yang berarti membuat kedua creator animanga tersebut telah meninggal. Tapi ada sebuah kabar menarik baru-baru ini yang terhubung dengan sang mangaka. Dimana adaptasi anime dari salah satu manga karyanya yang awalnya dikatakan menghilang, kini malah berhasil ditemukan kembali.

Fujiko Fujio A adalah nama pena dari mangaka Abiko Motoo. Ia adalah salah satu creator dari seri Doraemon bersama dengan Fujimoto Hiroshi dimana keduanya membentuk team dengan nama Fujiko Fujio pada tahun 1951 sampai keduanya berpisah pada tahun 1987, dimana setelah itu Fujimoto memakai nama Fujiko F Fujio dan Abiko memakai nama Fujiko Fujio A.

Saat keduanya bersama sebagai Fujiko Fujio, mereka tentunya terkenal sebagai creator dari animanga Doraemon. Tapi selain seri mega populer itu mereka juga bersama membuat seri manga Obake no Q-Taro yang juga jadi seri klasik dan telah diadaptasi jadi anime.

Setelah kedua mangaka berpisah sebagai F dan A mereka tetap aktif membuat banyak manga yang saat ini jadi seri klasik juga, dengan Abiko terkenal akan seri manga Warau Salesman dan juga Ninja Hattori, yang juga telah diadaptasi jadi anime.

Tapi ada juga seri manga buatannya yang tak sempat jadi anime, atau yang sudah dianimasikan tapi kemudian batal tayang. Dan balik pada topik utama, itulah yang terjadi pada seri manga buatannya yang berjudul Money Hunter Fuuta-kun.

Manga itu mengisahkan seorang pemuda bernama Fuuta yang menjelajahi Jepang sekaligus kerja paruh waktu dengan tujuan mengumpulkan uang sejuta Yen. Manga itu diserialisasikan tahun 1964-1967 pada majalah manga Shonen King.

Manga itu juga dikatakan direncanakan jadi anime untuk tayang pada channel NTV pada tahun 1967, tapi entah kenapa hal it tidak terjadi padahal dilaporkan kalau episode pilot anime itu sudah dibuat. Tapi menurut investigasi, dikatakan kalau pilot itu sempat ditayangkan channel Hiroshima TV pada tanggal 11 Desember 1972.

Dan baru-baru ini perusahaan Kokuei mengatakan mereka menemukan anime itu di gudang mereka. Anak perusahaan merekalah yang memproduksi anime itu, walau sekarang sudah bubar. Dikatakan kalau Kokuei meminta bantuan perusahaan Tokyo Laboratory untuk membantu mereka untuk mendigitalisasi anime itu dan memulihkan gambarnya.