Tahun 2019 ini menjadi tahun yang penting bagi negara Jepang, dengan terjadinya pergantian era Jepang, mengikuti penutupan Era Heisei, dengan penurunan tahta dari Kaisar Akihito dan digantikan oleh anak sulungnya, Naruhito. Dengan pergantian era ini, tentu negara Jepang akan memiliki nama era baru lagi. Dan baru-baru ini, walau era belum berganti, tapi kini telah ditampilkan kanji nama era Jepang baru, yaitu era Reiwa!

Nama tersebut terdiri dari dua kanji, dengan kanji kata Rei merepresentasikan Keberuntungan dan Wa memiliki arti Perdamaian. Dan ada keunikan lain dari nama ini dibanding nama era Jepang sebelumnya, karena ini adalah pertama kalinya nama era Jepang memakai kanji dari sastra klasik Jepang, sementara era sebelumnya memakai kanji dari sastra China.

Nama tersebut diformulasikan berdasarkan puisi yang tertulis di Manyoushuu, kompilasi puisi Jepang tertua. Dengan puisi tersebut mendeskripsikan bunga Ume yang mekar diawal musim semi setelah berhasil bertahan dari musim dingin.

Sesuatu yang lumayan cocok melihat bagaimana saat ini memasuki musim semi di Jepang, dan dengan adanya berbagai bencana yang telah dihadapi negara Jepang dalam era Heisei. Seperti heatwave tahun 2018 kemarin, dan bencana besar gempa tsunami Tohoku tahun 2011 lalu.

Abe Shinzou sang Perdana Menteri Jepang mengatakan kalau Pemerintah Jepang memilih memakai kanji tersebut pada nama itu karena mereka melambangkan “Budaya yang lahir dan dirawat melalui kebersamaan yang indah”.

Dan ada keunikan lain lagi pada era Reiwa dibandingkan era Jepang yang sebelum-sebelumnya. Karena dalam era ini, Pemerintah Jepang mengumumkan nama era baru ini pada saat kaisar era sebelumnya, Akihito, masih hidup. Karena Kaisar Akihito memilih untuk turun tahta dan tidak memerintah sampai mati.

Era Reiwa ini akan menggantikan era Heisei yang telah berlangsung selama 30 tahun, dan juga menjadi era yang ke-248 dalam sejarah Jepang. Dengan penurunan tahta dari Kaisar Akihito akan berlangsung pada tanggal 30 April nanti. Dan kenaikan tahta dari Naruhito yang menjadi awal dimulainya era Reiwa, akan berlangsung pada tanggal 1 Mei.