Dengan maraknya media anime dan manga saat ini, semakin banyak properti dari negara barat yang memiliki projek anime. Seperti Witcher, Cyberpunk 2077, King Kong, dan lain-lain lagi. Dan dengan mendunianya StarWars dan apalagi koneksinya dengan dunia film Jepang, tak heran kalau franchise besar itu bisa dapat projek anime, yang baru-baru ini dipresentasikan dalam event Anime Expo, dengan judul StarWars Visions.

Mungkin StarWars sudah tak perlu dijelaskan panjang. Franchise yang berawal sebagai trilogi sci-fi apik yang disutradai oleh George Lucas yang dimulai tahun 1977 tersebut telah bertumbuh begitu besar dan telah merambah dalam berbagai bentuk, dari seri game, komik, dan novel.

Dan sekalian balik pada topik utama, sejak beberapa minggu lalu muncul pengumuman kalau StarWars memiliki sebuah projek anime yang sedang dikerjakan, dan projek tersebut direncanakan untuk ditampilkan dalam event Anime Expo. Dan sesuai pengumuman tersebut, dalam event yang diadakan tanggal 3-4 Juli kemarin, ditampilkan sneak peek dari anime StarWars Visions.

StarWars Visions itu sendiri bukan berupa sebuah seri atau film tapi merupakan sebuah antologi, kumpulan dari beberapa film anime pendek yang dibuat oleh berbagai studio anime dari Jepang. Antologi tersebut dijadwalkan untuk dirilis pada jasa streaming Disney+ yaitu pada tanggal 22 September nanti. Berikut adalah list anime dalam antologi tersebut;

Duel yang disutradai oleh Mizuno Takanobu menampilkan desain karakter Okazaki Takashi dan dianimasikan Kamikaze Douga.

Village Bride yang disutradai Haga Hitoshi dengan musik oleh Kevin Penkin dari anime Eden dan dianimasikan Kinema Citrus.

Lop & Ochou yang disutradai oleh Igarashi Yuuki dan dianimasikan oleh Geno Studio, mengisahkan keindahan sebuah ketidaksempurnaan.

Tatooine Rhapsody yang disutradai Kimura Taku dan dianimasikan studio Colorido, mengisahkan persahabatan dalam sebuah band rock.

Ninth Jedi yang disutradai Kamiyama Kenji dan dianimasikan Production I.G, mengisahkan seorang Jedi yang perlu kembali dan memulihkan galaxy.

Studio Trigger membuat dua anime, yaitu Elder yang disutradai Otsuka Masahiko yang mengisahkan hubungan antara Master dan Padawan, dan Twins yang disutradai Imaishi Hiroyuki dengan desain karakter oleh Koyama Shigeto yang mengisahkan dua saudara kembar dalam sisi Dark Side.

Science SARU juga membuat dua anime, yaitu Akakiri yang disutradai Choi Eunyoung mengisahkan seorang Jedi dan tuan putri, dan T0-B1 yang disutradai Gongora Abel dengan desain karakter oleh Hori Takafumi yang mengisahkan droid imut yang terinspirasi karya Tezuka Osamu.