Tak jarang bagi sebuah manga, apalagi yang populer dan besar, untuk memiliki spinoff. Dan sebagai salah satu seri manga terbesar saat ini di dunia, One Piece sudah memiliki beberapa. Dan salah satunya adalah spinoff yang mengisahkan petualangan dari salah satu karakter terpenting dan terkece seri itu, Portgas D Ace sang kakak dari Luffy, dan baru dirilis manga spinoff yang dibintangi karakter itu, yaitu OnePiece Episode A.

Spinoff One Piece Episode A berawal dalam bentuk novel berjudul One Piece Novel A yang ditulis oleh Hinata Shou. Novel tersebut menceritakan petualangan awal dari karakter Portgas D Ace dalam mencari harta One Piece seperti Luffy adiknya.

Novel seri tersebut diserialisasikan dalam majalah One Piece Magazine yang pertama diluncurkan tahun 2017 lalu dalam edisi yang merayakan anniversary 20 tahun animanga One Piece. Dan bulan April kemarin, diumumkan dalam majalah tersebut kalau novel itu akan mendapatkan adaptasi manga yang digambarkan Boichi dengan storyboard yang digambar Ishiyama Ryou.

Nama Boichi kemungkinan besar sudah lumayan dikenal saat ini. Ia adalah ilustrator dari seri JUMP manga Dr Stone, yang tak hanya populer tapi juga telah mendapatkan adaptasi anime. Dan ini juga bukan hubungan pertamanya dengan One Piece, dengan tahun lalu ia menggambarkan spinoff yang dibintangi karakter Zoro berjudul Umi ni Chiru.

Spinoff manga One Piece Episode A tersebut dijadwalkan untuk dirilis pada musim panas ini, dan sesuai dengan itu, akhirnya kini manga tersebut baru dirilis. Perilisan manga tersebut telah dipanaskan dulu kemarin-kemarin dengan ilustrasi yang menyentuh (SPOILER)

Ilustrasi pembuka yang menggambarkan adegan kematian Ace saat ia memeluk Luffy adiknya sambil menangis dalam perang Marineford yang digambarkan oleh Boichi. Ilustrasi tersebut juga mengatakan kalau chapter pertamanya akan setebal 54 halaman.

Dan bagi yang penasaran, teaser dari spinoff tersebut juga dirilis digital, yang dilakukan melalui Shonen JUMP Plus, yang memperlihatkan dua puluhan halaman dari manga tersebut yang sayangnya RAW. Sementara versi full manga itu diterbitkan dalam One Piece Magazine volume 10 yang dirilis hari ini di Jepang.