Seri Fate memberikan banyak sekali kabar yang seru dan membanggakan diawal tahun 2020 ini, dan minggu ini fans juga digembirakan dengan dimulainya cour kedua dari anime Fate/Grand Order Zettai Majuu Sensen Babylonia. Akan tetapi muncul juga kabar yang tak menggembirakan bagi fans anime Fate baru-baru ini. Karena dikabarkan kalau director anime Fate pertama Yamaguchi Yuji telah meninggal dunia.

Yamaguchi Yuji adalah sutradara anime yang merupakan bagian dari studio DEEN, dan ia telah terlibat dalam beragam seri anime sebagai sutradara dan atau menangani story board. Contohnya anime Angel Links, Dansai Bunri no Crime Edge, Touka Gettan, dan lain-lain lagi.

Tapi karirnya dalam sutradara anime Deen diawali dengan adaptasi anime dari visual novel Fate/Stay Night yang pertama tayang tahun 2005 sebanyak 24 episode. Dan setelah itu ia juga yang menjadi sutradara dari movie Fate/Stay Night rute Unlimited Blade Works yang tayang tahun 2010.

Studio Deen juga yang memberikan pengumuman melalui Twitter official mereka kalau Yamaguchi telah meninggal, walau mereka tidak memberikan info akan penyebab kematiannya. Dan setelah itu sudah ada beberapa orang dari industri anime juga yang mengkomentari kabar duka ini.

Animator Nishida Asako yang bekerja sama dengan Yamaguchi dalam anime Angel Links, Touka Gettan, Fate/Stay Night dan Unlimited Blade Works, mengatakan kalau ia tak dapat berkata apa-apa mendengar kabar yang datang tiba-tiba ini, dan ia ingin mengatakan terima kasih atas kerja kerasnya kepada Yamaguchi.

Mochizuki Tomomi seorang sesama sutradara anime yang pernah bekerja bersama dengan Yamaguchi dalam anime Touka Gettan dan mecha Dagwon juga terkejut dan sangat sedih mendengar kabar kematian Yamaguchi.

Walau banyak yang mengkritik dan membercandai anime Fate Deen yang disutradainya, melahirkan meme macam People Die If They Are Killed atau Dragon Magic Circuit, tak dapat dipungkiri kalau itu adalah anime Fate paling pertama, dan banyak netizen yang ikut berduka.

Dan hasilnya juga tidak jelek mengingat anime itu berusaha mengadaptasikan game visual novel dengan durasi yang sangat sangat banyak dan menekannya jadi seri anime sepanjang 24 episode. Dan sekaligus membuka pintu fans pada dunia Fate, Kinoko Nasu, dan Type-Moon. Selamat jalan Yamaguch Yuji, istirahatlah dengan tenang 🙁