Pergantian bulan dari April ke Mei tahun 2019 ini menjadi momen yang penting bagi negara Jepang. Karena untuk negara tersebut, yang berganti tak hanya bulan tapi juga Kaisar dan Era negara Jepang. Banyak hal meriah yang dilakukan untuk menyambut kedatangan era Reiwa yang baru, dan juga untuk persiapan menutup era Heisei saat ini. Salah satu yang menarik tapi aneh adalah dengan dijualnya produk berupa kaleng “udara” Heisei.

Yup, sungguh suatu ide yang terasa Jejepangan sekali 😀 Atau lebih spesifiknya, ide ini diproduksi dalam sebuah desa di Jepang bernama Desa Henari, yang lokasinya terletak di Prefektur Gifu, yang merupakan hasil kerjasama antara desa tersebut dengan perusahaan Heso asal Osaka.

Dan ada fakta yang menarik akan desa tersebut, yang bisa jadi merupakan alasan utama dijualnya produk kaleng udara Heisei ini disitu. Karena kanji untuk nama Henari dari desa tersebut ditulis dengan kanji yang sama dengan era Heisei. Nama yang dimanfaatkan dengan baik disaat pergantian era Jepang saat ini, membuat bidang turisme desa tersebut meningkat.

Kaleng tersebut dijual secara fisik dalam desa tersebut mulai minggu ini dari hari Senin kemarin, yang bisa juga dibeli secara online bagi para pembeli yang tak dapat pergi ke desa tersebut untuk membelinya secara langsung. Dan kaleng tersebut direncanakan dijual sebanyak enam ratus unit.

Dikatakan kalau kaleng tersebut memang berisikan udara era Heisei yang murni tak tercampur apapun. Tapi tak hanya itu, karena kaleng tersebut juga disertai dengan koin uang Jepang sebesar 5 Yen, benda yang dianggap pembawa keberuntungan di Jepang karena 5 Yen disebut go en dan kata tersebut homofon dengan kata GoEn yang berarti Keberuntungan Terhormat.

Inamoto Minoru yang merupakan presiden dari perusahaan Heso mengatakan “Udara memang gratis, akan tetapi kami berharap orang-orang dapat menikmati menarik nafas udara era Heisei setelah kedatangan era baru, atau menyimpannya sebagai memento”. Apakah ada yang tertarik mau membeli produk tersebut?