Banyak dari karakter anime yang digolongkan oleh penonton masuk dalam kategori antagonis, walaupun mereka itu sebenarnya baik. Ini dikarenakan sifat jahat dan ekspresi wajah dingin yang terdapat pada diri para tokoh. Padahal, penggolongan antagonis dan protagonis tidak terlalu berlaku pada cerita anime. Terutama anime yang punya genre slice of life atau komedi. Karakter antagonis dan protagonis kurang diperlukan pada kedua genre tersebut.

Jika dikelompokkan berdasarkan respon penonton, beberapa tokoh anime berikut konon paling banyak didakwa sebagai antagonis nan jahat. Padahal, ketika misteri kehidupannya tersibak seiring berjalannya episode, tokoh-tokoh tersebut berhak dinyatakan tak bersalah atas tuduhan awal penonton. Akiba Nation telah susun daftar karakter anime yang diduga kuat antagonis, tapi ternyata seorang protagonis sejati. Siapa saja kira-kira, ya? Yuk, gulir lebih ke bawah lagi mouse atau layar ponselnya!

1. Light Yagami (Death Note)

1-light-yagamiLight adalah seorang remaja laki-laki yang genius. Dia merupakan anak dari seorang aparat pemerintah dan ibu rumah tangga, serta mempunyai seorang adik perempuan. Dia terlibat dalam pembunuhan berantai yang mengikutsertakan ‘Buku Kematian’. Pasalnya, buku tersebut merupakan milik Shinigami (Malaikat Maut) yang sengaja dijatuhkan ke bumi. Light yang tak sengaja melihatnya jatuh di pelataran sekolah pun memungutnya. Hingga kemudian, ia mengetahui bahwa buku tersebut dapat membuat siapa pun meninggal hanya dengan menuliskan nama dan membayangkan wajahnya.

Light yang tidak suka dengan ‘sampah masyarakat’ mulai melakukan aksi supranatural. Ia membunuh para tahanan yang ia lihat nama dan wajahnya di televisi melalui Death Note. Para narapidana tersebut meninggal satu per satu. Tidak ada yang tahu aksinya ini, sampai kehadiran detektif muda bernama L yang akan menjadi lawannya. Dirinya dipanggil pemerintah untuk mendalami kasus untuk kemudian menangkap Light yang menyamar sebagai “Kira”.

Nah, Minna-san, berdasarkan prolog singkat di atas, kita sudah dapat memetik informasi. Light Yagami bukanlah orang jahat. Dia bukan antagonis, melainkan protagonis. Secara teori, ia hanya menpercepat kematian para narapidana. Karena diceritakan, para narapidana akan dihukum mati atau paling tidak dipenjara seumur hidup. Light Yagami tidak bersalah. Ia malah membantu menegakkan keadilan. Dirinya bercita-cita menciptakan dunia yang baru tanpa kriminalis.

2. Misa Amane (Death Note)

2-misa-amanePada awal-awal kemunculan Misa di anime Death Note, banyak yang mengira Misa Amane akan menjadi orang ketiga di antara L dan Kira. Karena kehadirannya begitu menyimpan misteri, para penonton jadi menerka bahwa gadis yang suka pakai busana hitam dan berambut pirang dikuncir dua ini akan mengacaukan segalanya. Dugaan itu semakin kuat dikarenakan Misa juga mempunyai buku Death Note. Penggemar naksir Misa Amane akan semena-mena menggunakan kemampuan membunuh dari jarak jauh.

Tetapi, nyatanya tidak. Misa Amane bukanlah tipikal tokoh yang haus akan kekuasaan. Dia malah terlihat lebih kekanak-kanakan nan centil. Gadis itu menyukai Light Yagami. Ia meneruskan tujuan pujaan hatinya untuk memberantas kriminalis. Mereka berdua bisa dibilang tokoh protagonis yang ingin menciptakan dunia baru penuh kedamaian. Misa Amane tidak terbukti bersalah. Dakwaan para penonton yang menganggap Misa Amane akan semena-mena ternyata terbantahkan. Ia melawan detektif-detektif yang diutus pemerintah untuk mengusut kasus kematian mendadak narapidana.

Omong-omong, setelah Light meninggal, Misa Amane berpaling hati ke–uhuk–Penulis. Saya emang ganteng, sih. *kedip-kedip*

3. Satan Jacob (Hataraku Maou-sama)

3-maou-sadaoEnte Isla adalah daerah yang megah. Wilayah tersebut punya kekayaan alam yang melimpah. Masyarakat di sana hidup berdampingan dengan bahagia. Tetapi, sayang, semua berubah ketika negara api menyerang. (Bukan avatar, woi!). Satan Jacob, begitulah nama aslinya, menyerang Ente Isla dan menguasai wilayah tersebut dalam jangka waktu yang lama. Emilia Justina, seorang pahlawan perempuan yang diutus gereja untuk mengambil alih Ente Isla, berhasil memukul mundur Satan Jacob beserta pasukannya. Raja iblis itu kemudian membuka gerbang dimensi untuk kabur. Ternyata eh ternyata, gerbang dimensi itu menuju ke bumi, di salah satu kota besar di Jepang.

Baca Juga: Uniknya Melihat 7 Kebiasaan Orang Jepang Menggunakan Ponsel

Satan Jacob yang merupakan pendatang baru di dunia manusia memanfaatkan sisa kekuatan sihirnya. Ia menggunakannya untuk mempelajari tata cara hidup di bumi, termasuk mengganti nama menjadi Maou Sadao. Setelah bertahun-tahun, akhirnya ia berhasil bertahan hidup dan menjalani aktivitas selayaknya manusia. Namun celaka, gadis ksatria utusan gereja masih memburunya. Dengan sisa kekuatan, Emilia mengejar Maou sampai ke bumi. Ia akhirnya terdampar juga di tempat yang sama. Mereka berdua hidup berdampingan selama kekuatan mereka belum pulih sepenuhnya.

Banyak kejadian yang telah terjadi melibatkan mereka di Jepang. Itu mengubah cara pandang Maou 180 derajat ke arah yang lebih baik. Raja iblis itu malah melindungi Emilia ketika diserang oleh Lucifer, sang jenderal iblis yang ingin merebut kekuasaan Maou. Ia juga menyelamatkan orang-orang yang tak berdosa dengan kekuatan sihirnya. Dengan ini, Maou Sadao dinyatakan tak bersalah dari dakwaan antagonis.

4. Itachi Uchiha (Naruto)

4-uchiha-itachiItachi mempunyai masa lalu yang kelam. Di usia yang masih sangat muda, ia membantai seluruh anggota klan-nya dan hanya menyisakan sang adik. Setelah membantai klan, Itachi kabur dari desa Konoha dan bergabung dengan organisasi Akatsuki, yang beranggotakan pengkhianat dari berbagai desa ninja. Cerita masa lalunya kini membuat banyak orang mengecap Itachi sebagai antagonis pengkhianat desa yang kejam, tetapi siapa sangka, setelah kematian Itachi, baru terungkap bahwa motif utamanya membantai klan Uchiha adalah untuk menghentikan rencana kudeta. Klan Uchiha berencana mengambil alih Konoha untuk klan mereka sendiri.

5. Sebastian Michaelis (Black Butler)

5-sebastian-michaelisSebastian adalah iblis yang terikat kontrak dengan seorang anak laki-laki bernama Ciel Phantomhive. Dia mengikrarkan diri menjadi Butler yang setia. Sebastian melayani Ciel dan membantu segala urusan Ciel dengan jaminan jiwa bocah itu sendiri. Meski merupakan salah satu karakter utama cerita, Sebastian tak bisa dikatakan main karakter protagonis. Tetapi, sikap perhatian dirinya kepada Ciel membuat dirinya lepas dari dakwaan antagonis. Dia hanya melakukan tugasnya sesuai kontrak. Jahat atau baik, tergantung cara Ciel memerintah Sebastian.

6. Vegeta (Dragon Ball)

6-vegetaVegeta termasuk salah satu karakter paling kejam di Dragon Ball. Ia membunuh banyak warga bumi tak berdosa semasa hidupnya. Tetapi ia mati sebagai orang baik dengan mengorbankan nyawanya demi membunuh Majin Buu, yang hampir melukai orang-orang yang dicintainya. Vegeta patut mendapat gelar protagonis, alih-alih antagonis.

SHARE
Previous articleTop 20 Anisong Tahun 2000an Favorit Orang Jepang #Part 2
Next articleTrailer Film Blade of The Immortal Tampilkan Pertarungan Sota Fukushi VS Kimutaku
Winata SilenceAngelo merupakan seorang penulis remaja yang lahir pada 3 September 1997 di kota Karawang. Kecintaannya terhadap diksi yang melankolis serta menyentuh mengantarkannya ke dunia kepenulisan. Pada umurnya yang masih sangat muda ini, ia berhasil meraih beberapa penghargaan sastra serta menjadi kontributor dari buku-buku puisi. Menurut Winata, dalam sebuah naskah, entah itu novel, cerpen, esai, puisi, atau sekadar kata-kata, yang terpenting adalah unsur amanat. Seperti ketajaman pada ujung mata pedang, amanat merupakan apa yang menjadi tolak ukur suatu seni. Di sanalah segala dari pemikiran sang penulis bermuara, hingga kemudian menunjukan keindahannya dengan sangat artistik.