Virtual Youtuber sudah menjadi bagian budaya negara Jepang. Dan meski berbentuk digital, mereka juga aktif layaknya idol atau selebriti, dimana mereka bisa jadi bintang iklan atau melakukan servis lain-lain. Contoh baru yang menarik adalah baru-baru ini telah dibuka bar virtual Youtuber di Tokyo bernama Virtual Snack, yang membuat pengunjung dapat duduk minum dan ngobrol bersama Vtuber. Lets cekidot!

Virtual Snack adalah tempat tipe Snack Bar yang baru dibuka di daerah Ginza di Tokyo sekitar minggu lalu, dan penempatannya lumayan unik, karena itu adalah snack bar yang merupakan bagian dari snack bar lain lagi.

Snack Bar itu sendiri adalah tipe bar di Jepang dimana sesuai namanya, makanan yang disediakan termasuk yang ringan-ringan. Selain itu, ciri khas lainnya adalah adanya manager yang menangani bar dan dapat ngobrol dengan pengunjung, yang jika seorang wanita, disebut sebagai Mama.

Mama atau manager sebuah snack bar adalah bagian penting karena mereka tak hanya melayani pengunjung tapi juga bisa jadi tempat curhat dan sumber nasehat. Dan dengan hal itu, lumayan pas memakai Virtual Youtuber untuk menjadi manager snack bar seperti maid dalam maid caffe.

Dan yang cocok lagi adalah tak seperti Maid Caffe dimana maid harus jalan sana-sini, manager snack bar tak perlu bergerak banyak karena tempat mereka adalah di belakang bar. Karena itu setup Virtual Snack juga sederhana, dimana dipasangkan TV besar pada bar itu dimana seorang VTuber dapat muncul dan mengobrol pada pengunjung yang duduk didepannya.

Mengenai siapa Vtuber yang akan dapat diajak ngobrol, dijelaskan kalau ada delapan Vtuber yang bekerja jadi manager disitu, dan setiap hari ada dua shift yang masing-masing menampilkan Vtuber berbeda sebagai Mama bar tersebut.

Ada Kazamiya Matsuri sang Vtuber pecinta alkohol, Asano Ruri si ninja cantik, Aki Rosenthal si isekai half-Elf, Chikuwa si idol cat girl, Yuzuki Choco si dokter Succubus, dan Inside-chan maskot website Inside. Tapi selain wanita, ada juga Fukuya Master sebagai pilihan pria, dan Mimitaro buat yang mau Vtuber berbentuk hewan imut.

Tapi ada kabar yang tak begitu seru, karena Virtual Snack bar hanya dibuka untuk sementara saja. Tapi bagi yang penasaran dan misalkan lagi di atau mau ke Jepang pada musim gugur, bar itu akan beroperasi sampai tanggal 23 November 2019.