Manga memang kreasi negara Jepang, akan tetapi dengan makin populernya media animanga secara internasional, kini suka muncul juga kontes karya manga yang tak hanya untuk dalam negeri, tapi juga spesial di luar, dan ada juga manga kece buatan orang Indonesia. Baru-baru ini diumumkan dibuka lagi kontes manga untuk luar Jepang, yaitu international Tezuka Manga Award, yang terlihat apik karena jajaran jurinya yang berupa 5 TOP mangaka Jepang.

Kontes tersebut adalah cabang lain dari Tezuka Shou atau Tezuka Manga Contest yang secara reguler diadakan oleh majalah manga Shonen JUMP, bersama dengan penerbit majalah tersebut, Shueisha sejak tahun 1971.

Dan dalam tahun 2020 ini, kontes itu dapat pencapaian besar karena ini akan menjadi ke-100 kalinya kontes tersebut diadakan. Dan untuk merayakannya, kontes tersebut membuka cabang baru spesial untuk karya manga luar Jepang, yang diadakan Shueisha bersama MediBang. Dan level apik kontes ini juga berada pada para juri yang akan menilai karya kontes itu.

Pas dengan keterlibatan JUMP dan Shueisha, kontes ini menggaet 5 mangaka top JUMP; Oda Eiichiro mangaka One Piece, Horikoshi Kouhei mangaka Hero Academia, Inoue Takehiko mangaka Slam Dunk, Kato Kazue mangaka Ao no Exorcist, dan Toriyama Akira mangaka Dragon Ball!

Dan tak hanya mereka, ada juga chief editor dari majalah manga Shonen JUMP dan majalah manga JUMP SQ, dan sesuai dengan nama kontes ini, ada juga para staff dari Tezuka Production. Mereka akan jadi juri kontes Tezuka dalam negeri dan juga untuk yang international.

Pemenangnya dibagi jadi 3, dengan juara pertama dapat hadiah 2 JUTA YEN! Dan juara keduanya dapat hadiah 1 JUTA YEN! Dengan karya kedua juara akan diterbitkan pada versi fisik atau digital dari Shonen JUMP. Selain itu ada juga penghargaan Honorable Mention dengan hadiah 500.000 Yen. Ketiganya juga nantinya diundang ke Tokyo untuk menghadiri acara penghargaannya.

Bagi yang berminat dapat cek syarat dan proses partisipasinya di situs resmi kontes itu, yang juga dibuat berbahasa Inggris. Kontes ini dibuka untuk bahasa Inggris, China, dan Korea, dan deadline kontes itu jatuh pada tanggal 1 September dan pemenangnya diumumkan bulan Desember 2020.