Dunia Esport di negara Jepang selama beberapa tahun belakangan ini sedang berkembang. Seperti dengan dibukanya sekolah spesial untuk Esports, dan setelah itu dikabarkan juga adanya hotel spesial untuk kompetisi Esports. Dan kini ada lagi kabar Esports menarik lagi dari negara Jepang. Dimana dikabarkan kalau sebentar lagi akan dibuka fasilitas Esport Lansia di Jepang, yang diberi nama ISR e-Sports!

Yup, sepertinya perkataan dari Mori Hamako sang Gamer Grandma dan juga game Youtuber tertua dunia mengenai mungkin bisa adanya server spesial agar para gamer tua seperti dirinya dapat bermain bersama kini jadi kenyataan.

ISR e-Sports itu sendiri dikatakan akan dibuka di Prefektur Kobe mulai tanggal 2 Juli 2020 nanti, dan tempat tersebut dibuat spesial bagi orang-orang lansia yang berumur sekitar 60 tahunan keatas, dan juga untuk mengajarkan dunia Esport dan gaming kepada mereka yang sama sekali tidak pernah main game.

Para staff dari tempat tersebut akan membantu orang tua yang mengunjungi tempat tersebut. Mereka akan diperkenalkan mengenai basic dari dunia gaming sebelum diberi kesempatan untuk mencoba Esport title penuh. Dan tentu sesuai dengan situasi yang terjadi saat ini, mereka juga memiliki guideline mengenai virus corona, agar pelanggan dapat main dengan aman.

Sistem permainannya dibuat seperti sesi main di warnet, dengan staff tempat tersebut akan memberi waktu selama 2 jam per sesi, dan dengan jeda waktu cooldown untuk beristirahat selama setengah jam. Dan tentunya, sayangnya, hal ini tidak gatis, dengan setiap sesi dikenakan biaya sebesar 1.000 Yen, atau sekitar 133.000 Rupiah.

Menariknya mengenai Esport dan lansia adalah dalam dunia gaming sudah ada team esport yang lumayan terkenal yang anggotanya terdiri dari orang-orang tua, walau mereka bukan dari Jepang. Yaitu Silver Sniper, team esport asal negara Swedia yang bermain dalam game Counter Strike.

Semoga dengan adanya ISR e-Sport ini dapat meningkatkan apresiasi para orang-orang senior di Jepang, dan mungkin juga luar, akan betapa menyenangkannya main game, yang sempat dikomentari oleh Mori Hamako sang Gamer Grandma.