Beberapa tahun belakangan ini terlihat negara Jepang ada minat akan dunia Electronic Sport atau Esport, dengan mulai dibangunnya beberapa projek yang terhubung dengan Esports disana. Mulai dari tempat pelatihan Esport untuk lansia sampai hotel dan akademi Esport. Dan baru-baru ini ada kabar baru menarik lagi mengenai Esport di Jepang, dimana di Tokyo baru dibuka Esport Gym pertama negara Jepang.

Esports Training Gym tersebut baru dibuka bulan ini, dengan beberapa pihak yang menjadi pendiri gym tersebut, diantaranya adalah startup Esports Jepang dengan nama Gecipe, startup dengan konten pengajaran Esports, seperti mengajarkan bahasa Inggris Esport.

Tapi yang menarik lagi adalah selain Gecipe, ada juga Metro Tokyo atau yang juga dikenal dengan nama Tokyo Chikatetsu, yaitu perusahaan swasta sistem angkutan rel kereta listrik yang dimiliki oleh Menteri Keuangan Jepang dan Pemerintahan Metropolitan Tokyo.

Terlihat ada berbagai nama besar dan kecil yang terlibat dalam gym unik tersebut. Untuk tampilan tempatnya itu sendiri, dari foto yang diberikan kalau dari luarnya gym itu memang tak begitu terlihat seperti gym pada umumnya, yang lebih terlihat seperti sebuah caffe kecil yang nyaman.

Dan jika melangkah masuk kedalampun juga suasana gym olahraga tak begitu terasa, dengan belasan PC yang berjejer pada ruangan yang tak begitu besar membuat tempat itu lebih seperti sebuah office, tapi tetap dengan interior design yang rapi dan tidak monoton. Mungkin lebih terasa seperti warnet papan atas atau internet caffe modern.

Tapi berbagai produk gaming seperti pada headset dan kursi gaming disitu yang membuatnya memang sebagai sebuah gym untuk Esports. Dan bagi yang ingin berlatih electronic sport pada gym tersebut, menariknya sistemnya tak begitu berbeda dengan berlatih di gym biasa untuk olahraga fisik, dengan pelanggan jadi member dan bayar biaya membership bulanan.

Dan seperti gym biasa dimana pengguna dapat latihan dari coach, Esport Gym tersebut juga ada pelatihnya, yang tentunya merupakan profesional dunia Esports. Sementara untuk pilihan game, dikatakan kalau saat ini ada lima, yaitu League Of Legends, Valorant, Rainbow Six Siege, Identity V, dan PuyoPuyo Esports.