Video Game semakin berpengaruh saat ini, dengan game tak hanya dipakai untuk bermain dan bersenang-senang tapi juga bisa untuk pekerjaan dan bahkan pendidikan. Dan untuk contoh pendidikan ada lagi yang baru, dan cocok bagi mina-san yang ingin belajar bahasa Jepang 😉 dengan pengumuman dibukanya crowdfund Shujinkou, sebuah game action RPG yang juga didesain untuk mengajarkan Nihongo kepada player.

Game tersebut memakai gameplay genre klasik action platformer ala Metroid dan Castlevania yang dibuat oleh indie game start-up Rice Games yang dikepalai oleh Julian M. Rice. Game itu akan dirilis untuk PC dan Mac dan juga direncanakan untuk Playstation 4 dan Nintendo Switch.

Judul game itu sederhana dan kreatif, karena kata Shujinkou dalam bahasa Jepang berarti Karakter Utama, dan sesuai dengan hal tersebut, game Shujinkou memiliki tiga karakter protagonis yang dapat dimainkan, yang diberi nama Shu, Jin, Kou.

Game Shujinkou ini dikatakan akan memasukkan elemen pembelajaran bahasa Jepang dalam kisah game tersebut dan juga sistem gameplay. Dengan kisahnya berada dalam dunia dimana Jepang adalah bahasa universal, tapi dalam bahaya karena kemunculan monster dari portal Hasseiki yang berusaha menghapus bahasa Jepang, maka dari itu ketiga progatonis beraksi membasmi mereka.

Desain untuk mengajarkan tulisan Jepang paling terlihat dari lima kekuatan yang dapat muncul dalam game itu, yang merepresentasikan lima huruf hidup Hiragana A, I, U, E, O. Dan nama-nama musuh yang muncul juga ditulis dalam bentuk Romaji disertai tulisan Jepangnya.

Huruf Hiragana, Katakana, dan juga Kanji menjadi senjata yang dipakai Shu, Jin, Kou untuk melawan musuh mereka, tapi tentu bahasa tak hanya huruf dan kata benda. Seperti kata sifat yang dapat membuka area baru, kata kerja yang dapat memberi buff dan debuff, dan bahkan ada mini game lagi untuk mengajarkan kata baru dan memperdalam hubungan karakter.

Game tersebut kini sedang mengumpulkan biaya melalui crowdfunding website Kickstarter yang dibuka sampai 5 November dan dengan target biaya sebesar 45.000 Dollar, dan saat penulisan ini telah terkumpul biaya 8.800 Dollar. Kalau kita mainkan mungkin bisa sekaligus belajar Inggris ya 😀