Bulan Desember 2018 kemarin seri Hataraku Saibou memberi hadiah natal bagi para fans, dengan merilis sebuah episode spesial setelah hari Natal. Kali ini tahun telah berganti, dan seri tersebut memberi hadiah baru lagi untuk fans. Karena kemarin-kemarin dirilis sebuah spin-off Hataraku Saibou baru, yaitu manga berjudul Hataraku Saibou Friend. Waaaw mengenai bagian tubuh apakah itu? Lets cekidot!

Hataraku Saibou Friend adalah spin-off Hataraku Saibou yang diserialisasikan dalam majalah manga Bessatsu Friend, dan dirilis langsung dua chapter debut pada isu bulan Februari majalah tersebut pada weekend kemarin. Spin-off ini tidak dibuat oleh Shimizu Akane sang original mangaka Hataraku Saibou, tapi tim dua orang, Kurono Kanna yang menulis ceritanya dan Izumi Mio yang menggambarkannya.

Kisahnya akan mengenai Killer T Cell, tapi yang berbeda dengan yang menjadi salah satu karakter utama Hataraku Saibou original. Killer T Cell yang satu ini memiliki sikap yang tegas, mirip dengan yang ada pada Hataraku Saibou, tapi ia juga ingin bersenang-senang saat ia beristirahat. Ia ingin memiliki Teman/Friend tapi juga jaim.

Ini adalah spin-off yang keempat dari seri Hataraku Saibou. Sebelumnya ada juga seri Hataraku Saibou BLACK, yang diserialisasikan dalam majalah manga Weekly Morning tahun 2018 lalu. Manga itu digambarkan oleh Hatsuyoshi Issei dan cerita yang ditulis oleh Harada Shigemitsu, mengenai pertarungan sel tubuh dalam tubuh manusia yang tidak hidup sehat.

Kemudian ada lagi Hatarakanai Saibou yang diserialisasikan dalam majalah manga bulanan Shonen Sirius mulai dari September 2017, yang dibuat oleh Sugimoto Moe, mengenai sel darah merah yang, sesuai judulnya, malas bekerja.

Lalu yang paling pertama adalah Hataraku Saikin yang diserialisasikan oleh Nakayoshi pada bulan Mei 2017, yang dibuat oleh Yoshida Haruyuki, yang bukannya mengenai sel, tapi mengenai aktivitas bakteri dalam tubuh, dari yang membantu dan juga yang merusak.

Apakah mina-san yang fans Hataraku Saibou sudah baca semuanya? Memang tubuh manusia itu kompleks sekali ya, jadi seri Hataraku Saibou bisa rilis beragam spin-off dalam berbagai genre demografik. Kira-kira apakah akan ada spin-off lain lagi untuk Hataraku Saibou?