Sony sedang ramai dengan konsol Paystation 5, dan begitu juga Microsoft dengan konsol XBOX Series X dan S mereka. Keduanya sedang sibuk dengan generasi baru, tapi tidak dengan Nintendo yang masih fokus dengan konsol Nintendo Switch mereka, yang lumayan wajar melihat kesuksesannya. Tapi ada kabar kalau akan ada Switch model baru lagi yang lebih kuat dan bisa 4K, nah baru-baru ini diberikan lebih banyak info akan hal tersebut.

Nintendo Switch pertama dirilis tahun 2017 lalu, dan saat ini mereka memiliki beberapa model. Setelah model pertama, dirilis versi upgrade yang membuat baterai konsol itu lebih kuat, tapi selain itu tak ada perbedaan lain, dan upgrade itu jadi versi baru untuk menggantikan yang lama, dengan bahkan dijual dengan harga yang juga sama.

Setelah itu dirilis Nintendo Switch Lite, versi alternatif dimana konsol itu hanya dapat dimainkan secara portable dan tak dapat dipasang pada TV, tapi ukurannya lebih kecil menjadikannya lebih mudah lagi dibawa kemana-mana dan juga dengan harga yang lebih murah.

Tapi tahun lalu dikabarkan kalau Nintendo Switch akan mendapatkan model baru lagi, yang dibuat lebih mantap lagi dari versi normalnya, agar dapat bersaing dengan Playstation 5 dan XBOX Series X pada masa generasi baru ini.

Model baru tersebut dikatakan akan memiliki kekuatan untuk dapat menampilkan grafik 4K, tapi produksinya baru bisa dilakukan tahun 2021 ini karena partner produksi mereka sedang sibuk membuat Nintendo Switch model sekarang. Kini tahun telah berganti, dan baru diberikan update info lagi akan kabar tersebut.

Dikatakan kalau Switch model baru ini akan menggaet Samsung yang akan membuat layar OLED berukuran sekitar 18 cm, peningkatan dari Switch saat ini yang berukuran 16 cm, dan dengan resolusi 720p. Model baru itu juga dapat menampilkan grafik 4K saat disambung ke TV, dan dengan baterai yang lebih hemat tenaga lagi.

Untuk perilisannya tak diberi jadwal, tapi dikatakan kalau produksi untuk layar Switch baru tersebut oleh Samsung akan dilakukan pada bulan Juni, dan pemasangan model baru itu dijadwalkan sekitar bulan Juli, membuat perilisannya mungkin diperkirakan sebelum liburan akhir tahun ini.