Halo para Akiba-kei dan Akiba-chan. Sudah mau weekend lagi nih setelah Lebaran selesai. Ada yang sudah bekerja? Ada yang masih di kampung? Untuk yang sudah masuk kerja tetap bersemangat ya. Kerja keras juga bisa membawa pahala hehehe. Seperti seorang game developer yang akan diceritakan dalam artikel ini, yang mendapat sambutan yang meriah dari para gamer dalam event E3 lalu. Ada Square Enix dengan FFXV dan XSEED dengan beberapa game lokalisasinya yang memamerkan gameplay, sedangkan sosok ini membuat para gamer bersorak dan bertanya-tanya dengan trailer game tanpa gameplay. Dia adalah Kojima Hideo, dengan game Death Stranding-nya.

Baru-baru ini Kojima Hideo menceritakan lebih banyak lagi mengenai pengalaman E3 2016 dan Death Stranding dalam acara HideoTube. HideoTube itu sendiri adalah acara yang dibawakan oleh Kojima sendiri, yang ditayangkan dalam website Youtube. Didalamnya Kojima berdiskusi mengenai beragam hal. Dan di episode HideoTube terbaru yang dikeluarkan minggu ini topiknya adalah E3, karena itu ia mendiskusikan hal-hal yang dilakukannya menyangkut event tersebut. Ia menceritakan awal mula Death Stranding, dari pembuatan sampai penayangan trailernya dalam event E3 2016.

hideo-tube

Pembuatan dan Performance Capture

Kojima mengatakan ini adalah pertama kalinya ia mencoba Performance Capture, dimana sebelumnya dalam membuat game ia memakai Motion Capture. Kojima menjelaskan kalau Performance Capture adalah tehnik yang lebih advance lagi dari Motion Capture. Dalam Motion Capture, data dari akting sang aktor direkam secara terpisah, dari ekspresi wajah hingga rekaman suara dan gerakan badan. Sedangkan dalam Performance Capture, akting dari sang aktor direkam seluruhnya secara bersamaan. Tapi untuk melakukannya, butuh persiapan yang berat. Yaitu melakukan 3D scan seluruh fisik sang aktor, mulai dari berbagai ekspresi wajah sampai detail kecil seperti perubahan warna kulit dibawah berbagai sinar.

Kojima mengatakan 3D scanning Norman Reedus untuk Death Stranding memakan waktu sampai satu setengah hari, dan tidak hanya dilakukan dalam studio tapi juga sampai diluar studio. Dan ini juga dilakukan untuk enviroment sekitar. Kumpulan kepiting mati yang banyak terlihat dalam trailer itu juga memakai 3D scan dari kepiting asli, karena saat Kojima membuat model digitalnya secara manual hasil jadinya terlihat jelek dan tidak realistik. Ini juga dilakukan untuk pantai pasir yang menjadi setting trailer itu. Kojima juga mengatakan kalau normalnya dalam pembuatan game sekarang, trailer seperti ini dibuat secara terpisah oleh studio lain sedangkan studio game-nya fokus membuat demo atau video gameplay-nya. Tapi Kojima tidak ingin melakukannya seperti itu. Ia ingin melakukan semuanya, seperti mengedit teaser, trailer, PV, memilih key visual, logo, dan lain-lainnya.
Sungguh passionate sekali ya.

hideo-kojima-e3-2016

Sebelum dan Menuju E3 2016

Jalan menuju event E3 juga rumit bagi Kojima. Ia mengatakan setiap tahun selalu saja ada bocoran sebelum event itu terjadi. Wajar saja karena sekarang adalah jaman internet, dimana info apapun bisa tersebar dengan cepat. Kali ini untuk Death Stranding, Kojima benar-benar ingin membuatnya sebagai suatu kejutan, dan sangat tidak ingin ada bocoran. Grup band Low Roar yang lagu buatan mereka dipakai dalam trailer juga sama sekali tidak diberi info lebih. Kojima mengatakan band tersebut hanya diberitahu kalau lagu mereka akan dipakai dalam sebuah trailer game, dan itu saja. Bahkan dalam perusahaan Sony itu sendiri, Kojima mengatakan hanya lima orang staff yang tahu detail Death Stranding.

Kojima juga sempat khawatir karena ada beberapa title dari Sony yang sudah kebocoran sebelum event E3, sampai hampir tidak bisa tidur. Sebagai pengguna twitter yang cukup aktif, Kojima juga terpaksa tidak memberikan tweet kalau ia pergi ke E3. Dan saat sampai di Amerika, Kojima bermalam di hotel yang lokasinya agak jauh dari lokasi E3. Dan saat ia kebetulan bertemu atau berpapasan dengan fansnya di jalanan, ia benar-benar memohon kepada fans untuk tidak menyebarkan info kalau ia ada di Amerika saat itu. Saat fans meminta foto dengannyapun dengan ia terpaksa menolaknya. Yang untungnya dituruti oleh fansnya. Sampai saat gladi resik E3 juga, Kojima masuk ke gedung secara diam-diam melalui pintu belakang! Wah wah Solid Kojima banget.

kojima-E3-bts

Saat dan Setelah E3 2016

Wah sungguh banyak yang dilakukan oleh Kojima demi Death Stranding ini ya. Akan tetapi, setelah segala kerja keras yang dilakukannya itu, semua terbayarkan saat trailer Death Stranding tayang dalam E3 2016. Kemunculan Kojima dipanggung E3 disambut dengan sorakan yang meriah dari para gamer. Baik yang menonton di event itu secara langsung, maupun yang menontonnya secara online. Dan saat trailer Death Stranding diputar, para penonton memberikan reaksi yang hangat. Apalagi saat bagian wajah Norman Reedus terlihat secara keseluruhan, semua bersorak meriah.

Kojima juga sempat menyinggung reaksi para penonton yang luar biasa saat trailer game Sony lain, God of War yang terbaru muncul, seluruh gedung sampai sempat bergetar. Kemudian ia juga mengkomentari reaksi para youtube reactor saat menonton trailer Death Stranding. Ia senang melihat beragam reaksi mereka. Ada yang terkejut sampai tak bisa menutup mulutnya, ada juga yang reaksi terkejutnya agak telat. Setelah E3, Kojima juga senang melihat fans dan internet bermain-main dengan trailer Death Stranding. Yang paling membuatnya tertawa adalah parodi Death Stranding yang berjudul Beer Stranding.

Fiuh
Maaf ya jadi panjang sekali artikel ini hehehe. Tapi sungguh terlihat betapa menggebu-gebu semangat Kojima Hideo akan projek game Death Stranding ini. Semoga Death Stranding menjadi game yang lebih keren lagi dari Metal Gear Solid ya Pak Kojima. Bagi yang ingin menonton HideoTube episode 4 tersebut secara langsung dapat ditonton dibawah ini. Selamat beraktivitas ya Akiba-kei dan Akiba-chan. Semoga artikel ini bisa memberikan semangat dan inspirasi pada pembacanya 😉

  • Sutrisno Septa Prasetyo

    I’m BACK!