Video game dan olahraga dulu dipandang sebagai dua hal yang terpisah. Akan tetapi kepopuleran kompetisi game antar player dalam bentuk Electronic Sport atau Esport membuat gaming mulai bisa dianggap sebagai satu bentuk olahraga. Dan dunia Esport telah semakin membesar, hingga bisa tampil juga dalam acara kompetisi olahraga macam Asian Games. Dan kini hal itu berlanjut, dengan diadakannya kontes Esport Intel menuju Olimpiade Tokyo 2020.

Kontes tersebut bernama Intel World Open Esports Tournament, yang diadakan sebagai hasil kerjasama antara Olimpiade Tokyo 2020 dengan perusahaan Intel. Ini kompetisi Esport besar yang dibawakan Intel setelah kompetisi Esport dalam Olimpiade Musim Dingin di Pyongyang 2018.

Pertandingan tersebut akan menampilkan dua game sebagai platform kompetisi tersebut, yaitu game fighting Street Fighter V dan game sepak bola racing Rocket League. Turnamen Intel World Open tersebut akan memberi hadiah total sebesar 500.000 Dollar, dengan masing-masing game akan menghadiahkan 250.000 Dollar.

Termasuknya memang terlihat lumayan kecil, dengan hanya ada dua game yang ditampilkan dalam acara itu. Sutradara pengembangan bisnis dari Intel, Mark Subotnik, menjelaskan alasan kenapa hanya dua game itu yang dipilih untuk dipertandingkan, dan itu dikarenakan kedua game tersebut mudah untuk diperhatikan bahkan untuk penonton yang kasual.

Subotnik juga menjelaskan alasan penting lain untuk game Street Fighter yang menjadi kunci penting penyertaan game tersebut di Intel World Open, dan itu karena besarnya legacy dari franchise Street Fighter di negara Jepang.

Untuk struktur kompetisinya, dijelaskan kalau open online qualifier akan diadakan untuk mengisi tim nasional dari negara-negara yang berpartisipasi. Final dari qualifier tersebut kemudian diadakan di negara Polandia yang direncanakan untuk bulan Juni, untuk memilih siapa yang dapat maju dan bertanding dalam kompetisi resminya di Jepang.

Intel World Open Tournament itu sendiri akan diadakan langsung menuju acara Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020, yang akan dilakukan di hall musik Zepp DiverCity di Kota Tokyo tepat sebelum acara Olimpiade yang dimulai pada tanggal 24 Juli.